BJ Habibie Berasal Dari Keluarga Terpandang
Nasional

Kisah hidup BJ Habibie sangat menarik untuk dijadikan pembelajaran hidup. Berikut perjalanan hidup BJ Habibie, hingga menjadi seorang panutan bagi masyarakat Indonesia.

WowKeren - Hingga kini, BJ Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi. Garis keturunan ayahnya yang berasal dari Kabila, Gorontalo dan ibunya dari etnis yang berasal dari Yogyakarta. Habibie lahir dari keluar besar dan merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA Tuti Marini Puspowardojo.

Ayahnya, Alwi Abdul Jalil Habibie merupakan seorang ahli pertanian yang memiliki nama keluarga "Habibie". Nama keluarga tersebut merupakan salah satu marga asli dalam struktur sosial Pohala'a atau Kerajaan dan Kekeluargaan di Gorontalo. Tak hanya itu, marga "Habibie" juga dicatat secara historis berasal dari wilayah Kabila yakni sebuah daerah di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sang ibu, RA Tuti Marini Puspowardojo merupakan anak seorang dokter spesialis mata di Yogyakarta. Ayah dari ibu Habibie, Puspowardjojo diketahui bertugas sebagai pemilik sekolah. Sementara kakek Habibie merupakan seorang pemuka agama, anggota majelis peradilan agama serta salah satu pemangku adat Gorontalo yang tersohor pada saat itu.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru