Bantu Atasi Karhutla, Anies Kirim 65 Personel ke Kalimantan dan Sumatera
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Ke 65 personel tersebut tak hanya berasal dari kalangan pemadam kebakaran, namun ada juga yang datang dari unsur Dinas Kesehatan, relawan, hingga penanggulangan bencana.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mengambil langkah untuk berkontribusi mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal tersebut dibuktikan dengan mengirim 65 personel ke lokasi terdampak karhutla.

Puluhan personel tersebut berasal dari sejumlah kalangan. Tak hanya petugas pemadam kebakaran, namun juga ada yang berasal dari unsur Dinas Kesehatan hingga relawan. "Mereka ada unsur pemadam kebakaran, ada juga unsur Dinas Kesehatan, penanggulangan bencana, relawan, ada Dinas Sosial atau Tagana," kata Anies di Monas, Jakarta, Selasa (17/9).

Para pegawai tersebut tidak akan diterjunkan ke dalam lokasi yang sama, melainkan disebar di Kalimantan dan Sumatera sesuai kebutuhan. Mereka akan bekerja di bawah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Anies menuturkan bahwa langkah ini sebagian bentuk kepedulian Jakarta terkait musibah karhutla di sejumlah wilayah Indonesia. Ia berharap agar karhutla bisa segera teratasi sehingga masyarakat yang terdampak bisa kembali bisa menghirup udara segar.


"Ini wujud kepedulian masyarakat Jakarta atas musibah kebakaran di Sumatera maupun Kalimantan," tutur Anies. "Mudah-mudahan asap bisa segera hilang, api segera padam, dan saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan bisa menghirup kembali udara segar."

Para petugas tersebut akan ditugaskan selama sepuluh hari. Mereka adalah gelombang pertama yang diterjunkan. Artinya, Pemprov DKI Jakarta siap mengirimkan lebih banyak personel jika memang dibutuhkan.

"Ini tim pertama yang kita berangkatkan tapi kita siap kirimkan lebih banyak," jelas Anies. "Kita mulai dulu satu gelombang 65 orang sesudah itu kita lihat kebutuhannya seperti apa."

Untuk tujuan pertama, mereka akan diterbangkan ke Riau. "Tapi arahan pertama adalah ke Riau. Nanti bisa dipecah, sebagian ke Riau, sebagian ke Kalimantan. Sesudahnya kita bisa kirim lebih banyak lagi. Jambi juga," pungkas Anies.

Masalah karhutla yang tak kunjung selesai membuat sorotan tertuju ke pemerintah. Pemerintah dianggap kurang maksimal mengambil langkah untuk mengatasi karhutla. Selain pemerintah pusat, keseriusan Pemda setempat juga dipertanyakan

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait