Ranking Universitas Dunia Dirilis, Perguruan Tinggi Indonesia Peringkat Berapa?
Nasional

Selain Universitas Indonesia, ada Institut Teknologi Bandung, institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya yang berhasil masuk ke peringkat dunia.

WowKeren - The Times Higher Education baru saja merilis ranking universitas dari seluruh dunia untuk tahun 2020. Dalam daftar bertajuk "Peringkat Universitas Dunia 2020" tersebut, ada hampir 1.400 universitas dari seluruh dunia yang bertengger.

Adapun penilaiannya didasarkan dari 13 indikator kinerja yang mengukur performa sebuah universitas yang terdiri dari empat hal, yakni pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.


University of Oxford kembali berhasil menyabet peringkat pertama setelah sebelumnya telah menduduki posisi tersebut selama tiga kali berturut-tutur. Sedangkan di peringkat kedua ada The California Institute of Technology yang berhasil naik tiga posisi.

Disusul oleh University of Cambridge di peringkat ketiga, ada Stanford, Yale, Harvard dan Imperial College London di posisi sepuluh besar. Sementara untuk tingkat Asia, Tiongkok berhasil menduduki peringkat pertama. Ada Universitas Tsinghua dan Peking yang masing-masing berada di peringkat ke-23 dan 24 dunia.

Sementara itu, Universitas Indonesia menempati peringkat 601-800 dengan perolehan skor sebesar 28,3-35,2 dengan perincian Pengajaran 38,7; Penelitian 19,2; Kutipan internasional 16,7; Sinergi dunia industri 81,6 serta Pandangan internasional 53,7. Untuk tingkat Asia, UI menempati peringkat ke-133.

Selain UI, ada empat universitas lainnya yang masuk ke peringkat 1001+, yakni Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Keempat universitas tersebut memperoleh skor keseluruhan 10,7-22,1.

You can share this post!

Related Posts
Loading...