Soal Sampul Jokowi 'Pinokio', Rocky Gerung: Terima Saja Sebagai Olok-Olok
Nasional

Diketahui, sampul majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 menuai sejumlah kontroversi lantaran memuat karikatur Presiden Joko Widodo dan siluet berhidung panjang.

WowKeren - Sampul majalah Tempo yang menampilkan karikatur Presiden Joko Widodo dan siluet tokoh Pinokio kini tengah mendapat banyak sorotan. Pengamat politik Rocky Gerung pun ikut angkat bicara soal sampul kontroversial ini.

Rocky menyampaikan komentarnya lewat cuitan di media sosial Twitter. Dalam cuitannya, Rocky juga menyinggung tentang kebebasan pers. "Ndro, mana lebih utama: kebohongan pinokio atau kejujuran pers?" cuit Rocky pada Senin (16/9).

Rocky lantas menjelaskan lebih lanjut maksud komentar di cuitannya itu. Menurut ahli filsafat tersebut, sampul majalah yang viral dan kontroversial itu mewakili cara berpikir publik.

"Yang menerbitkan kan pers sebagai wakil cara berpikir publik," tutur Rocky usai memberikan kuliah umum di Universitas Bosowa Makassar pada Selasa (17/9). "Ya terima saja sebagai olok-olok, masa terima pujian terus dari publik."

Rocky Gerung

Twitter


Sementara itu, sampul majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 tersebut sempat diprotes oleh kelompok relawan yang mengatasnamakan diri sebagai Jokowi Mania (Joman). Tokoh Pinokio yang hidungnya bertambah panjang kala berbohong membuat Joman melaporkan sampul ini ke Dewan Pers.

Sikap Joman tersebut sempat ditanggapi oleh politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Menurut Ferdinand, sikap para relawan tersebut seperti anak kecil.

"Jokowi Mania hrs belajar lbh dewasa lg dlm proses politik. Lawanlah kritik dgn kritik, bkn dgn tindakan hawa nafsu menghukum kecuali ada peristiwa pidana didalamnya," cuitnya di Twitter. "Cover Tempo itu kritik keras yg melecehkan. Jd tak perlu dilaporkan. Sbg Relawan silahkan menjawab dgn fakta."

Ferdinand sendiri mengaku jika dirinya juga tak sependapat dengan cover Majalah Tempo tersebut. Namun, ia lebih tak sepakat jika para Joman membuat laporan terkait masalah tersebut. Menurutnya, itu hanya akan menunjukkan sikap arogansi anak kecil.

Di sisi lain, Redaktur Eksekutif Majalah Tempo Setri Yasra telah mengungkapkan bahwa sampul tersebut menggambarkan persoalan yang kini tengah ramai diperbincangkan, yakni terkait isu pelemahan KPK. Ia menjelaskan bahwa di dalam majalah tersebut, Tempo juga memuat penjelasan Jokowi dalam bentuk wawancara.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait