Wiranto Bicarakan Permasalahan Papua Saat Temui Eks Menlu Fiji
Instagram
Nasional

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Fiji dan melakukan pembicaraan seputar Papua.

WowKeren - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Fiji Ratu Inoke Kubuabola pada Senin (30/9). Pertemuan tersebut disebutkan Wiranto juga membicarakan terkait polemik yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Menkopolhukam Wiranto mengaku kepada awak media jika dirinya telah membahas status Papua dan Papua Barat kepada Ratu Inoke Kubuabola. Wiranto mengatakan jika Inoke sangat memahami kondisi Indonesia dan menyatakan pandangannya jika wilayah Papua dan Papua Barat itu sudah menjadi final memang merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dia (Inoke) sangat memahami masalah kondisi di Pasifik selatan dan sangat memahami bagaimana posisi Indonesia tentang integrasi wilayah Indonesia khususnya Papua dan Papua Barat," kata Wiranto di Kantornya, Jakarta, Senin (30/9). "Beliau memahami betul, setelah saya berbincang-bincang dengan beliau, beliau punya keyakinan bahwa penyatuan Papua dan Papua Barat ke Indonesia sudah final."


Pada pertemuan tersebut, Wiranto mengungkapkan keyakinan Inoke pada Papua dan Papua Barat yang merupakan bagian tak terpisahkan dan telah menjadi suatu integritas bagi wilayah Indonesia sesuai dengan apa yang telah dikukuhkan oleh PBB. "Sikap beliau (Inoke) ini yang disampaikan ke kami dan beliau (Inoke) siap untuk menyampaikan tentang sikap Indonesia mengenai penyatuan wilayah Papua dan Papua Barat menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Indonesia," jelas Wiranto.

Sementara itu Ratu Inoke Kubuabola menyampaikan apa yang belum dibahas oleh Wiranto saat menyampaikan pertemuan ini kepada awak media. Inoke mengatakan jika kedatangannya ke Indonesia sudah sering terjadi tepatnya di Jakarta.

Inoke mengenang jika dirinya sudah biasa untuk menjalin kerjasama di bidang politik dengan Indonesia. Menlu Fiji ini juga mengungkapkan jika negaranya selama ini selalu menjaga kerjasama dan hubungan baik dengan Indonesia.

"Jakarta sudah tak asing bagi saya, saya sudah berkunjung ke negara besar ini beberapa kali. Beberapa kesempatan saya membicarakan kerja sama politik dengan Indonesia," ungkap Inoke. "Kami bisa bekerja bersama, untuk menjaga Indonesia bersama."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait