Ilham Putra Habibie Siap Gabung Kabinet Jokowi
Nasional

Presiden Joko Widodo masih belum menentukan nama-nama menteri, Ilham Putra Habibie mengaku siap jika diminta bergabung ke kabinet pada periode 2019-2024.

WowKeren - Presiden Joko Widodo hingga kini masih belum menentukan nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinetnya di periode 2019-2024. Ilham Habibie yang merupakan putra dari mantan Presiden Ke-3 Indonesia BJ Habibie.

Presiden Jokowi sendiri telah menyatakan jika dirinya akan mengutamakan sosok-sosok diluar non-parpol yang menguasai bidangnya. "Periode mendatang 55 persen orang profesional dan 45 persen dari parpol," jelas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kini beberapa nama dari kalangan profesional terus bermunculan setelah pernyataan dari Jokowi. Sejumlah nama diluar partai politik terus dimunculkan untuk mengisi bursa menteri pada kabinet Jokowi di periode selanjutnya.

Salah satu nama yang muncul adalah Ilham Akbar Habibie. Walau sang ayah merupakan salah satu tokoh politik yang paling berpengaruh di Indonesia, namun Ilham sendiri tidak pernah memasuki dunia politik.

Nama Ilham Habibie telah diproyeksikan untuk mengisi jabatan Kepala Badan Riset Nasional. Tak hanya itu, nama Ilham juga disanterkan akan masuk dalam kandidat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).


Tentunya jika Ilham bergabung dengan kabinet Jokowi, maka dirinya dapat mengikuti jejak dari BJ Habibie sebagai ahli teknologi kedirgantaraan. Lanyas bagaimana tanggapan dari Ilham yang telah diisukan untuk masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin?

Ilham mengaku siap jika selama ini dirinya sama sekali tidak menerima informasi maupun pemberitahuan tentang kabinet Jokowi dari pihak istana. Walaupun begitu, Ilham mengaku telah siap jika diberikan mandat oleh Jokowi untuk mengisi jabatan di kabinet mendatang.

Ditanya soal kursi kementerian apa yang diinginkannya, Ilham sama sekali tidak memikirkannya. Menurut Ilham, dirinya telah siap untuk menempati posisi apapun di kementerian sesuai dengan kehendak Jokowi.

"Tidak. Tidak ada (informasi). Ya, seandainya saya dipanggil saya siap," kata Ilham saat ditemui di The Habibie Center, Kemang, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10). "Kalau dipanggil, saya siap di mana pun."

Periode pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin sendiri akan segera dimulai. Pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut akan melangsungkan upacara pelantikan pada Minggu (20/10) mendatang.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru