Teroris Cirebon Diduga Akan Gunakan Racun Ini Untuk Bom Rumah Ibadah, Simak Bahayanya
Nasional

Terduga teroris di Cirebon yang berhasil ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror akan menggunakan jenis racun ini untuk bom rumah ibadah. Simak bahayanya.

WowKeren - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror berhasil menangkap terduga teroris di Cirebon pada Senin (14/10) lalu. Terduga teroris yang berinisial YF merupakan warga Desa Panembahan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pada penangkapan tersebut, Densus 88 berhasil mendapatkan temuan baru yang tidak biasa. Polisi menjelaskan jika pihaknya berhasil menemukan bom berdaya ledak tinggi dengan bahan kimia yang mematikan.

Bahan kimia tersebut diduga racun maut yang diberi nama abrin. Rencananya, bom yang dirakit dengan bahan racun abrin tersebut akan digunakan pelaku untuk meledakkan rumah ibadah. YF sendiri disebutkan kepolisian telah disiapkan menjadi pengantin dalam bom bunuh diri.

"Temuan menarik pada hari ini bahwa untuk bom-bom yang sudah disiapkan untuk digunakan oleh pengantin ini memiliki daya ledak tinggi atau high explosive," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (15/10). "Campuran kimia lebih berbahaya."


Dedi menjelaskan jika pimpinan dari jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon tersebut menggunakan bahan dasar zat kimia methanol, pupuk urea, hingga racun abrin untuk merangkai bom. Kini Tim Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri sedang menyelidiki lebih lanjut dari mana racun tersebut didapat.

Lebih lanjut Dedi menyebutkan jika racun abrin tersebut memiliki bahaya yang begitu tinggi dan lebih kuat dari racun risin. Racun abrin sendiri dijelaskan dapat membunuh 100 orang sekaligus hanya dengan 0,7 microgram.

"Kalau ini menggunakan berbagai bahan, methanol, urea, dan lain-lain. Itu explosive semua," jelas Dedi. "Ditambah racun abrin dengan kurang 0,7 microgram. Racun ini membunuh 100 orang. Masih didalami Labfor Polri didapat dari mana."

Tak hanya berhasil menemukan racun abrin, Densus 88 juga berhasil menemukan sejumlah barang bukti lainnya. Barang bukti yang ditemukan dari terduga teroris Cirebon ini adalah sepeda motor, HP, kartu ATM, senjata tajam dan berbagai buku.

"Buku yang ditemukan adalah buku dasar untuk mikrologi, kemudian buku kimia, ada buku-buku tentang terorisme serta peralatan kimia yang sudah siap dijadikan bom," kata Dedi. "Canggih juga teknologi yang digunakan."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait