Viral Dukun Ikut Turun Tangan di Pelantikan Jokowi, NasDem: Nyi Roro Kidul Tak Mau Jalan ke Jakarta
Nasional

Ketua DPP NasDem, Taufiqulhadi, menyebut bahwa urusan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) sudah menjadi tanggung jawab para petugas keamanan.

WowKeren - Berbagai persiapan dalam menyambut hari pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih telah dilakukan. Selain aparat keamanan, ada seorang dukun yang "ikut terlibat" dalam persiapan pelantikan dan menjadi sorotan di media sosial.

Baru-baru ini beredar video seorang dukun bernama Ki Sabdo yang tengah melakukan ritual gaib untuk pengamanan di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Ki Sabdo mengaku mengadakan ritual demi mengamankan pelantikan Jokowi-Ma'ruf dengan cara memanggil bangsa jin.

"Apa yang saya lihat memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ini yang saya taruh di sini ini komplit sudah. Mulai Nyai Roro Kidul, Nyi Blorong, jin kayangan dan yang lain-lain. Jadi mantap sudah," tutur Ki Sabdo dalam video tersebut. "Pak Jokowi pasti dilantik, enggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin."

Twitter/BradHarriz

Menanggapi video viral tersebut, Partai NasDem lantas angkat bicara. Menurut NasDem, video Ki Sabdo tersebut tidak relevan dengan perkembangan era saat ini. NasDem juga menyebut bahwa Jokowi sama sekali tidak berkaitan dengan dukun di video tersebut.


"Dunia sudah masuk ke era revolusi industri tahap ke-4, masih ada orang seperti itu (ritual). Tapi saya beritahukan, Pak Jokowi tidak ada urusan sama sekali dengan hal-hal sejenis ini," jelas Ketua DPP NasDem, Taufiqulhadi, pada Jumat (18/10) malam. "Karena itu, saya nyatakan ini sama sekali tidak relevan."

Taufiq menegaskan bahwa urusan keamanan tidak berhubungan dengan dunia gaib sama sekali. Ia juga menyebut bahwa urusan pengamanan pelantikan sudah menjadi tanggung jawab aparat keamanan.

"Jadi persoalan aman atau tidak aman, itu urusan dunia nyata," tegas Taufiq. "Aman atau tidak aman, itu sepenuhnya urusan pihak penegak hukum atau aparat negara, yang telah diserahi tugas untuk mengamankan pelantikan Presiden."

Selain itu, Taufiq juga menyebut bahwa pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia gaib dan makhluk halus. Ia juga sempat berkelakar soal mitos Nyi Roro Kidul yang disebut Ki Sabdo dalam video viral tersebut.

"Jadi tidak ada hubungan sama sekali dunia halus. Tidak ada hubungan dengan Nyi Roro Kidul," pungkas Taufiq. "Nyi Roro Kidul tidak mau jalan terlalu jauh hingga ke Jakarta yang sudah masuk laut utara."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru