Jusuf Kalla Terima Kunjungan Wapres Tiongkok Di Hari Terakhirnya Menjabat, Apa yang Dibahas?
Nasional

Di hari terakhirnya menjabat sebagai Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menerima kunjungan dari Wapres Tiongkok Wang Qishan. Dalam pertemuan tersebut keduanya sempat membahas beberapa hal, salah satunya tentang menjaga hubungan baik.

WowKeren - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019 tinggal menghitung jam. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pun akan purna tugas sesuai K.H. Ma'ruf Amin dilantik untuk menjadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024 besok (20/10).

Meski begitu, di hari terakhirnya menjabat sebagai Wakil Presiden RI Jusuf Kalla masih melakukan tugasnya yaitu dengan menerima kunjungan Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (19/10) siang. Dikutip Kompas, Wang beserta rombongan tiba di Istana Wapres sekitar pukul 11.45 WIB dan langsung disambut oleh Kalla.

"Waktu saya menjabat sebagai Gubernur Beijing, saya ke Jakarta dan disambut Bapak Presiden," kata Wang. "Hari ini bertemu lagi rasanya sangat ramah."

Terkait dengan pembicaraan yang dilakukan oleh kedua Wakil Presiden tersebut, Kalla mengaku jika topik pertemuan tersebut adalah menjaga hubungan baik di antara kedua negara. Khususnya setelah Indonesia memasuki era kepemimpinan yang baru.


"Kita bicara yang hubungan baik saja dan bagaimana meningkatkan hubungan Indonesia dengan Tiongkok," kata Jusuf Kalla seusai pertemuan tersebut. Ia juga memastikan jika dalam pembicaraan tersebut tidak terkait dengan investasi.

Namun, keduanya sempat membahas soal proyek One Belt One Road. "Bicara sedikit tapi tidak membahas lebih jauh," akunya.

Lebih lanjut, Wapres yang biasa dipanggil JK ini mengatakan soal undangan Wang untuk berkunjung ke Negeri Tirai Bambu tersebut usai dirinya lengser dari jabatan Wapres RI. "Dia undang ke Tiongkok, Beijing. Walaupun tidak dalam keadaan (kerja), tapi secara pribadi kita mau berbicara dengan baik," ujar Kalla.

Seperti yang diketahui, hari ini Sabtu (19/10) adalah hari terakhir JK menjabat sebagai Wakil Presiden RI sebelum digantikan Ma'ruf Amin yang akan dilantik besok sore. Adapun Wang bertolak ke Indonesia adalah untuk menghadiri upacara pelantikan tersebut mewakili negara Tiongkok.

Di hari sebelumnya yaitu Jumat (18/10), Wang beserta rombongan juga mengunjungi Solo. Mereka dijamu oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait