DPR Anggap Solusi Moeldoko Cegah Stunting Dengan Ayam Agak Lucu
Nasional

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menganggap solusi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam mencegah masalah stunting (gizi buruk) dengan ayam agak lucu.

WowKeren - Kepada Staf Kepresidenan Moeldoko baru-baru ini menyarankan agar setiap keluarga atau rumah memelihara ayam sebagai bagian program pencegahan masalah stunting (gizi buruk). Saran Moeldoko tersebut lantas ditanggapi oleh Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Saleh Partaonan Daulay.

Saleh berpendapat jika saran Moeldoko agar setiap rumah memiliki ayam terkesan mengada-ada dan agak lucu. Menurut Saleh, saran tersebut justru menunjukkan jika Moeldoko terkesan menggampangkan masalah stunting di Indonesia.

"Program pencegahan stunting semestinya dirumuskan secara sungguh-sungguh," kata Saleh kepada wartawan, Jumat (15/11). "Program setiap rumah perlu memiliki ayam dinilai terlalu mengada-ada, bahkan terkesan agak lucu. Selain itu, terkesan menyederhanakan masalah."

Saleh mengatakan jika permasalahan stunting di Indonesia selama ini tidak hanya berkaitan dengan tingkat penghasilan. Permasalahan stunting lainnya yaitu berkaitan dengan tingkat pendidikan di sejumlah wilayah yang masih rendah.

"Selain itu, stunting juga sangat erat dengan tingkat pendidikan," ujar Saleh. "Persebaran stunting terbukti lebih tinggi di daerah-daerah yang tingkat pendidikan masyarakatnya rendah."


Menurutnya, pengetahuan tentang gizi di kalangan masyarakat juga masih rendah. Jadi walaupun masyarakat Indonesia memiliki uang maupun penghasilan yang cukup namun hal ini tidak sejalan dengan pengetahuan tentang gizi maka masalah stunting tetap akan muncul.

"Pengetahuan tentang gizi itu sangat berpengaruh juga," jelas Saleh. "Meskipun mereka punya uang, tetapi kalau tidak dibelanjakan untuk makanan yang padat gizi, tetap saja tidak baik."

Oleh sebab itu, Saleh pesimis dengan saran Moeldoko yang menyatakan masalah stunting dapat dicegah dengan memelihara ayam di setiap rumah. Apalagi keterbatasan lahan juga bisa menjadi halangan dalam memelihara ayam.

"Karena itu, saya sangat pesimis jika stunting bisa dituntaskan dengan mengampanyekan agar setiap rumah punya ayam," ucap Anggota DPR Fraksi PAN ini. "Apalagi, banyak warga yang tidak bisa bertenak ayam karena keterbatasan lahan."

Sebelumnya Moeldoko menyatakan jika keberadaan makanan lokal perlu ditingkatkan demi mencegah masalah stunting. Hal ini membuat Moeldoko meyakini jika setiap rumah memelihara ayam maka masalah stunting dapat diatasi lantaran telur ayam dapat dikonsumsi anak-anak.

"Tetap programnya 'Isi Piringku', hanya kemampuan lokal makanan lokal yang perlu diperkuat lagi," kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat (15/11). "Makanya seperti saya katakan, perlu setiap rumah itu ada ayam sehingga telurnya itu bisa untuk anak-anaknya."

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait