Nadiem Makarim soal Pembentukan Karakter: PAUD Bukan Tempat Penitipan Anak
Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menilai selain mengajarkan baca tulis, lembaga institusi PAUD juga harus bisa menumbuhkan kreativitas anak dengan memberikan kebebasan.

WowKeren - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berbicara mengenai pembentukan karakter anak sejak dini. Menurutnya, pembentukan karakter anak bisa dimulai dari jenjang yang paling rendah, yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurutnya, kurang tepat jika lembaga PAUD hanya difungsikan sebagai tempat penitipan anak. Justru di sini ia menekankan pentingnya pendidikan sejak dini. "Sering sekali PAUD-PAUD ini mengira institusinya hanya penitipan anak. Padahal pendidikan usia dini itu penting. Adalah bagaimana kita belajar dari bermain," kata pendiri Gojek tersebut di Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Menurutnya, ada hal lebih penting selain pembelajaran baca tulis di PAUD. Anak-anak di usia PAUD penting untuk mendapatkan kebebasan berekspresi dan diberikan kesempatan lebih untuk bersosialisasi dengan anak lain.

Ketika benih kreativitas mulai tumbuh pada anak-anak maka hal inilah yang akan membuat mereka secara naluri akan mencintai sekolah dan belajar lebih giat. Dari sinilah karakter anak akan mulai terbangun. Sehingga diharapkan, PAUD tak hanya mengajar anak-anak untuk bisa cepat membaca dan menulis.


"Itulah yang sebenarnya membentuk murid ini. Cara berkolaborasi, cara menemukan kreativitas," jelas Nadiem. "Dan dia jadi cinta sekolah, cinta belajar. Yang penting itu bukan oh harus cepat menghitung, cepat nulis, cepat membaca. Bukan. Itu bukan yang terpenting."

Oleh sebab itu, penting untuk membuat anak merasa senang. Anak yang ceria akan membuatnya lebih mudah ikut andil dalam aktivitas sekolah serta berinteraksi dengan murid lainnya.

"Yang terpenting adalah kesenangan itu," tutur Nadiem. "Murid berpartisipasi di dalam aktivitas-aktivitas sekolah, bermain sesama murid, dan mengetahui bagaimana harus bersikap dengan anak-anak lain-lain, juga dengan orang dewasa."

Meningkatkan kemampuan anak dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan menurut Nadiem lebih penting untuk dilakukan. Sebab jika tidak, anak yang tidak mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan mengalami kesulitan saat beralih ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Jadinya Kalau kita sudah benarkan karakter itu pada usia dini, belajar di sekolah tuh jadi mudah," kata Nadiem.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru