Nadiem Makarim Langsung Masuk TIME 100 Next Usai Jadi Mendikbud, Hal Ini Penyebabnya
Nasional

Belum genap sebulan Nadiem Makarim menjabat sebagai Mendikbud, namun namanya sudah masuk di TIME 100 Next karena dinilai berperan dalam menentukan masa depan Indonesia.

WowKeren - Media majalah TIME kerap mengeluarkan daftar seratus besar tokoh-tokoh berpengaruh di dunia. Tokoh dengan beragam prestasi dari berbagai penjuru dunia diberi peringkat demi mengapresiasi apa yang telah mereka berikan atau hasilkan.

Menariknya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim rupanya masuk dalam salah satu daftar yang dikeluarkan TIME tersebut. Dikutip dari Tempo, Nadiem ternyata masuk dalam daftar TIME 100 Next.

Untuk diketahui, TIME 100 Next merupakan rubrik dari peringkat TIME yang memuat seratus rising stars dunia dari berbagai sektor. "Daftar berikut berisikan seratus orang yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, hiburan, olahraga, politik, ilmu pengetahuan, kesehatan, dan lainnya," demikian penjelasan sebagaimana dikutip dari laman resmi TIME.


Di peringkat itu lah Nadiem ditempatkan, tepatnya di kategori leaders (pemimpin). Selain Nadiem, beberapa nama seperti Menteri Lingkungan Hidup Jepang, Presiden Kosta Rika, dan sejumlah pemimpin muda lainnya masuk dalam kategori ini. Selain leaders, TIME 100 Next juga menyediakan kategori lain seperti artis, pengacara, tokoh fenomenal, dan penemu.

Lantas apa alasan sang mantan pimpinan startup GoJek itu masuk dalam TIME 100 Next? Berikut penjelasannya. "Makarim akan membawa anak muda (yang) berjiwa wirausaha ke dalam kabinet," ungkap Wakil Direktur Center for Strategic and International Studies, Brian Harding.

Jabatan Mendikbud yang baru dijalaninya selama kurang dari sebulan itulah yang rupanya mengantarkan Nadiem ke peringkat tersebut. Sebab Nadiem disebut-sebut dapat membentuk pemimpin masa depan ekonomi terbesar ke-16 di dunia. Dengan kata lain, apa yang dikerjakannya sebagai Mendikbud kali ini dapat menentukan masa depan Indonesia.

Di sisi lain, prestasi yang ditorehkan Nadiem ini tampaknya kurang sesuai dengan kondisi di Indonesia. Sebab beberapa pihak, hingga kini, masih menyangsikan kapabilitas menteri termuda itu untuk mengatasi masalah pendidikan dan kebudayaan. Salah satu tokoh yang sempat menyampaikan kekhawatirannya adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait