Heboh Pabrik Tahu di Sidoarjo Berbahan Bakar Sampah Impor, Media AS Ikut Soroti
Nasional

Jawa Timur sempat digegerkan dengan ditemukannya telur ayam yang mengandung polutan berbahaya dioxin. Belakangan terungkap dioxin itu berasal dari limbah pembakaran sampah plastik impor oleh pabrik tahu di Sidoarjo.

WowKeren - Sebuah pabrik tahu di Sidoarjo, Jawa Timur tengah menjadi sorotan. Tak hanya disorot secara nasional, pabrik yang tepatnya berlokasi di Desa Tropodo, Kecamatan Krian itu bahkan turut menarik perhatian media internasional.

Mirisnya, bukan karena nilai positif yang membuat pabrik tahu itu disorot. Namun karena pabrik tersebut masih menggunakan sampah plastik impor sebagai bahan bakarnya. Akibat bahan bakar itulah, asap hitam terlihat menyembur dari cerobong asap.


Dilansir dari Detik News, terlihat sampah plastik impor yang menggunung dan sebagian berserakan. Gunungan sampah plastik pun tak hanya dijumpai barang satu-dua.

Gunungan sampah plastik ini pun kembali ditemui di dekat tungku pembakaran. Plastik-plastik itu yang digunakan untuk memanaskan tungku yang berisi kedelai. Namun sebagaimana plastik dibakar, bau menyengat pun tercium dari hasil pembakaran itu.

Salah satu warga Dusun Klagen, Khambali (42), mengatakan pabrik tahu di Dusun Klagen dan Areng-Areng memang sudah lama menggunakan sampah plastik sebagai bahan bakar untuk memproduksi tahu. Khambali sendiri sudah bekerja di pabrik tahu itu selama sepuluh tahun.

"Saya bekerja sekitar sepuluh tahun lalu," terang Khambali. "Pabrik tahu di sini ya pakai sampah plastik untuk bahan bakar."

Khambali pun mengaku mengetahui dampak polusi yang ditimbulkan oleh pabrik tempatnya bekerja. "Kalau terkait polusi, kami sudah tahu. Tapi apa boleh buat, ini penghasilan bagi keluarga kami," tutup Khambali.

Pembakaran dengan sampah plastik impor ini rupanya turut menjadi sorotan media AS. Dilansir dari Kompas, media New York Times edisi Kamis (14/11) memberitakan perihal asap dan abu yang ditimbulkan dari pembakaran plastik-plastik tersebut.

Tak hanya berdampak bagi kualitas udara, rupanya bahan pangan di sekitar lokasi pabrik tahu juga ikut tercemar. Terbukti dari hasil pengujian kandungan telur ayam di sekitar lokasi yang terbukti mengandung polutan berbahaya dioxin.

You can share this post!

Related Posts
Loading...