Habib Rizieq Diduga Terlibat Kasus Meme 'Joker' Anies, Kog Bisa?
Nasional

Ade Armanda memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus meme 'Joker' Anies Baswedan, Rabu (20/11). Usai pemeriksaan tersebut, ia menduga jika pelaporan dirinya tersebut ada kaitannya dengan Habib Rizieq Shihab.

WowKeren - Dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando, memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus unggahan meme "Joker" Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (20/11). Dalam pemeriksaan yang dilakukannya kemarin Ade mencurigai adanya peran Habib Rizieq Syihab dalam kasus yang dilaporkan oleh anggota DPD RI Fahira Idris.

Ade menduga jika Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu memiliki kaitan dengan pelapor kasus tersebut. Mengingat Fahira sempat bertemu dengan Rizieq di Mekah pada saat umrah.

"Saya naikin (foto Joker pada) 31 Oktober (2019) dia laporin saya 1 November," ujar Ade di Pola Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/11). "Saya bertanya-tanya, Fahira punya masalah apa sama saya, sebenci itukah dia?"

"Ternyata jawabannya jelas ketemu Rizieq Syihab di Mekah. Rizieq itu musuh saya memang," sambung Ade. "Kalau dicari alasan, ya bayangin dong umrah ketemu Rizieq Syihab mau bikin reuni 212, ya udah jelas."

Ade sendiri kerap mengkritisi Rizieq Syihab dan menganggapnya sebagai musuhnya. "Dari dulu saya berulang kali mengkritik Rizieq, terutama sejak dia melarikan diri dari Indonesia dengan kasus chat mesumnya itu," lanjutnya.


Kemudian Ade juga menjelaskan alasannya memposting meme "Joker" tersebut ke media sosial. Ia menilai jika postingan tersebut adalah bentuk kritikan terhadap Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Kalau Anda baca FB saya itu ,setiap hari kok saya terus gugat Pak Anies," paparnya. "Saya rasa rakyat Jakarta terus kritik Pak Anies, karena emang nggak beres pemerintahannya."

Meski sudah dilaporkan, Ade mengatakan jika dirinya tak akan takut dan tetap akan mengkritisi Anies Baswedan. "Justru itu, saya nggak mau karena ini siapa pun jadi takut kritik Pak Anies. Kritik Pak Anies harus terus dan Bu Fahira harus tahu jangan sampai menyangka gara-gara, ini fardu ain," tegasnya.

Jangan gara-gara dia gugat saya kemudian saya jadi takut tidak mau lagi kritik Anies, enggak, itu akan terus. (Mengkritik Anies) fardu ain ya iya, kalimat bagus tuh bagi umat Islam. Fardu ain itu kewajiban personal dan harus sama-sama,"sambungnya.

Sebelumnya, Ade juga menjelaskan asal-usul darimana ia mendapatkan meme tersebut. Menurut Ade, dirinya mendapat meme "Joker" itu dari grup WhatsApp. "Dapatnya dari WA (WhatsApp) grup," ujar Ade. "Jadi ada yang menyebar, saya upload."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru