Ceramahnya Dianggap Hina Nabi Muhammad SAW, Gus Muwafiq Beri Klarifikasi
Nasional

Ceramah Gus Muwafiq soal masa kecil Nabi Muhammad SAW dituduh menghina karena penggunaan kata yang tak tepat. Hal ini membuat Gus Muwafiq segera mengklarifikasinya melalui video berdurasi 2 menit 29 detik.

WowKeren - Nama KH Ahmad Muwafiq atau yang lebih dikenal sebagai Gus Muwafiq tiba-tiba menjadi sorotan. Hal ini disebabkan karena ceramah yang disampaikannya saat di Purwodadi, Jawa Tengah.

Dalam ceramahnya itu, ia mengatakan terkait masa kecil Nabi Muhammad SAW yang kemudian hubungkan dengan kata "nur Muhammad" dan "rembes". Karena kata-kata tersebut itulah, ia dituduh menghina Nabi Muhammad SAW.

Untuk menghentikan kesalahpahaman yang bereda, Gus Muwafiq pun segera memberikan klarifikasinya dalam bentuk video berdurasi 2 menit 29 detik itu. Dalam video tersebut ia menjelaskan tidak bermaksud untuk menghina Rasulullah.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Ahmad Muwafiq dengan senang hati saya banyak diingatkan oleh kaum muslimin dan warga bangsa Indonesia yang begitu cinta sama Rasulullah, saya sangat mencintai Rasulullah, siapa kaum muslimin yang tidak ingin Rasulullah?" kata Gus Muwafiq dalam video.

Ia kemudian menjelaskan soal penggunaan kata "rembes" dalam ceramahnya tersebut. "Lantas kemudian terkait dengan kalimat 'rembes', 'rembes' itu dalam bahasa Jawa artinya 'punya umbel', tidak ada lain, bahasa saya 'rembes' itu umbelan itu," terangnya.


"Ini terkait juga dengan pertanyaan biasanya apakah anak yang ikut dengan kakeknya, ini kan bersih, karena kakek kan saking cintanya sama cucu sampai kadang cucunya apa-apa juga boleh. Hal itu saja yang sebenarnya," sambungnya. Ia juga menegaskan jika dalam ceramahnya tersebut ia tidak menghina Rasulullah kemudian meminta maaf jika pemilihan katanya tersebut kurang tepat.

"Untuk seluruh kaum muslimin di Indonesia, apabila kalimat ini dianggap terlalu lancang, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, tidak ada maksud menghina," tutupnya. "Mungkin hanya inilah cara Allah menegur agar ada lebih adab terhadap Rasulullah, dengan kalimat-kalimat yang sebenarnya sederhana, tetapi beberapa orang menganggap ini kalimat yang cukup berat. Pada seluruh kaum muslimin saya mohon maaf, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh."

Trending Topic

Twitter

Usai video klarifikasi Gus Muwafiq tersebut beredar di media sosial, sontak saja netizen beramai-ramai menunjukkan dukungannya. Sejumlah tagar digaungkan di Twitter dan menjadi trending topic seperti #KamiBersamaRasulullahSAW dan #KamiBersamaGusMuwafiq.

Diketahui sebelumnya, tuduhan menghina Nabi ini muncul melalui potongan video ceramah Gus Muwafiq yang menceritakan soal masa kecil nabi-nabi, seperti Nabi Musa dan Nabi Muhammad SAW, yang penuh perjuangan. Ia juga menceritakan Nabi Muhammad lahir di kamp pengungsian dan hanya dirawat oleh kakeknya Abdul Muthalib.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait