Tanggul Laut Muara Baru Jebol, Anies Sebut Tanggung Jawab Menteri PUPR
Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa tanggul yang jebol tersebut adalah bagian dari proyek yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

WowKeren - Tanggul pantai utara yang masuk dalam proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, jebol. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara menanggapi hal ini.

Ia menyebut bahwa jebolnya tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara tersebut merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tanggul tersebut, disebut Anies memang dibangun oleh Menteri Basuki Hadimuljono. "Tanggul (roboh) yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Itu proyek Kementerian PUPR," katanya di Jakarta, Kamis (5/11).


Ia pun mengapresiasi pihak Kementerian PUPR yang segera bergerak untuk langsung turun ke lapangan guna menangani tanggul tersebut. Sementara itu, Pemprov DKI sendiri akan memantau perkembangan pembenahan tanggul tersebut.

"Alhamdulillah kita bersyukur teman-teman dari Kementerian PUPR sudah sejak hari Selasa sore mereka bekerja di sana," lanjut Anies. "Jadi kita pantau kita dukung apa yang dibutuhkan teman-teman PUPR."

NCICD sendiri merupakan megaproyek yang bertujuan untuk perlindungan jangka panjang atas wilayah Jakarta dan sekitarnya, terhadap bencana banjir rob akibat luapan air laut. Pembangunannya akan terbagi menjadi tiga tahap, yang mana tahap utama adalah penguatan tanggul laut di sepanjang pesisir Utara Jakarta sepanjang 120,2 kilometer.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan bahwa meskipun tanggul jebol, namun kondisi tersebut masih aman. Diketahui, lokasi tanggul itu cukup dekat dengan pemukiman warga.

"Aman. Itu kan ada dua tanggul, yang roboh kan baru satu yang tahun kemarin," kata Juaini dilansir Kumparan, Kamis (5/12). "Yang satunya lagi tanggulnya masih ada."

Ia menyebut bahwa tanggul yang jebol itu merupakan bagian dari pekerjaan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. Untuk sementara waktu, petugas memasang pagar pengaman.

"Saya lihat sih sementara lagi di pengaman ini aja, pagar pengaman. Pagar pengaman aja, pagar seng," tutur Juaini. "Itu buat tutup lokasi aja dulu. Takutnya nanti kalau ada warga melihat takutnya sesuatu kan."

You can share this post!

Related Posts