Dirut Garuda Ari Askhara Angkat Bicara Usai Dicopot Erick Thohir
Nasional
Dirut Garuda Selundupkan Harley

Garuda Indonesia kembali menjadi sorotan publik usai terungkapnya skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton. Belakangan terungkap Dirut Ari Askhara terlibat aktif dalam praktik penyelundupan itu.

WowKeren - Karier I Gusti Ngurah Askhara Danadiaputra alias Ari Askhara di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., telah berakhir pada Kamis (5/12). Pasalnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir diketahui telah mencopot Ari dari jabatannya sebagai dirut menyusul skandal penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton dengan pesawat baru maskapai tersebut.

"Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Direktur Utama Garuda," ujar Erick tegas, ketika ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (5/12). Hal ini dilakukan karena Ari diduga terlibat aktif dalam menyelundupkan kendaraan mewah tersebut.


Ari pun akhirnya angkat bicara mengenai pencopotannya itu. Ia mengaku menerima semua keputusan pemegang saham terbesar Garuda Indonesia, dalam hal ini Kementerian BUMN, terkait kariernya di maskapai tersebut.

"Mengacu hasil press conference oleh pemegang saham mayoritas," kata Ari, dilansir Bisnis pada Jumat (6/12). "Kami akan selalu menghormati serta mematuhinya sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku."

Namun demikian, Ari tak memberi keterangan apa-apa perihal penyelundupan kendaraan-kendaraan mewah tersebut. Sikap ini seolah menguatkan dugaan bahwa Ari benar terlibat aktif dalam praktik penyelundupan yang merugikan negara hingga Rp1,5 miliar itu.

Tetapi Ari menolak bila disebut telah gagal memperbaiki kinerja Garuda Indonesia. Ia menilai dirinya telah berusaha semaksimal mungkin untuk membenahi Garuda Indonesia yang saat itu masih mencatat kerugian besar.

Kini, ungkap Ari, Garuda Indonesia telah mengalami peningkatan dari segi kinerja keuangan. Apa yang ia lakukan telah disesuaikan dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 12 September 2018 lalu, yakni untuk menyelamatkan Garuda Indonesia.

Di sisi lain, karier Ari di era Menteri Erick dan Rini Soemarno juga ikut menjadi pembicaraan. Sebab pada era kepemimpinan Rini kemarin, kendati Garuda Indonesia juga didera sejumlah permasalahan, Ari tetap dipertahankan sebagai dirut. Salah satunya ketika Garuda Indonesia ketahuan "memoles" laporan keuangan mereka sehingga terlihat mengalami keuntungan.

You can share this post!

Related Posts