Buntut 2 Moncong Pesawat Garuda Saling Berhadapan di Taxiway, Kemenhub Bakal Panggil Pilot
Nasional

Adapun dua pesawat yang nyaris bertabrakan tersebut adalah GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR. Peristiwa itu terjadi di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (12/12).

WowKeren - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan melakukan investigasi terkait insiden dua pesawat Garuda Indonesia yang saling berhadapan di taxiway. Peristiwa tersebut terjadi di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (12/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengatakan akan memanggil pilot yang bersangkutan serta petugas ATC yang bertugas kala itu. Insiden dua pesawat Garuda yang saling "adu moncong" tersebut disebabkan adanya kesalahan masuk ke taxiway.

Adapun dua pesawat yang nyaris bertabrakan tersebut adalah GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR. Kronologi sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3.


Namun pilot masuk ke NP2. Padahal di saat yang bersamaan, pesawat Garuda Indonesia GA-264 telah berada di Taxiway NP2. Alhasil, moncong kedua pesawat tersebut saling berhadapan satu sama lain. Meski demikian, hal ini tidak mengganggu operasional bandara.

"Dapat dipastikan, operasional penerbangan, pasca insiden salah taxi atau head on pesawat Garuda Indonesia," kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta Herson. "Tidak terganggu. Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut."

Insiden ini juga diklaim tidak menimbulkan kerusakan apapun pada kedua badan pesawat dan seluruh penumpang selamat. Sebelumnya, pengamat penerbangan sekaligus anggota Ombudsman Alvin Lie ikut mengomentari kejadian tersebut. Menurut Alvin, insiden tersebut bisa disebabkan salah satunya adalah overwork pilot.

"Ada dua kemungkinan, apakah overtime, dia terlalu capek," tutur Alvin dilansir Kompas. "Ataukah ada keperluan lain."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait