Tetap 'Ngotot' Ekspor Benih Lobster Meski Banjir Kritikan, Edhy: Saya Tak Akan Mundur
Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo masih menjadi sorotan publik terkait langkahnya untuk membuka kembali peluang ekspor benih lobster yang banyak menuai polemik.

WowKeren - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo terus menjadi sorotan publik terkait langkahnya yang akan kembali membuka keran ekspor benih lobster. Kebijakan ini dinilai sangat bertolak belakang dengan apa yang dilakukan oleh Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti.

Meski demikian, hal itu tak membuatnya gentar. Meski panen kritikan, ia akan tetap mengeluarkan kebijakan untuk membuka kembali keran ekspor benih lobster.

"Jadi banyak yang kami sedang matangkan," kata Edhy di Gedung Mina Bahari IV Jakarta Pusat, Rabu (18/12). "Ada 29 aturan yang jadi polemik selama ini mau kami revisi. Termasuk lobster."

Ia mengakui jika tidak sedikit pihak yang kurang sependapat dengan kebijakannya itu. Meski demikian, ia tidak akan mundur. Sebab menurutnya, kebijakan itu menyangkut hidup nelayan dan juga lingkungan. "Anda pasti tertawa melihat lobster, saya tidak akan pernah mundur! Karena ini menyangkut nelayan kita, lingkungan kita," tegas Edhy.


Sebelumnya, Edhy berusaha agar masyarakat bisa mengerti dampak positif di balik kebijakannya itu. Salah satunya dengan terus melakukan klarifikasi setiap kali pernyataannya soal ekspor benih lobster dikritik.

Salah satu yang terbaru, Edhy menyamakan ekspor benih lobster ini dengan nikel. Menurut Edhy, kebijakannya ini seperti keputusan pemerintah untuk mengekspor bijih nikel pada 2016 lalu. Yakni dibuka untuk menunggu perusahaan membuat pabrik pengolahan bijih nikel.

Pernyataan itu pun langsung dibalas oleh Susi. Susi menegaskan bahwa kasus lobster tidak bisa disamakan dengan nikel.

"Nikel adalah SDA yang tidak renewable/yang bisa habis," tulis Susi lewat Twitter miliknya, mengomentari media yang memberitakan pernyataan Edhy tersebut. "Lobster adalah SDA yang renewable, yang bisa terus ada & banyak kalau kita jaga!!!!!"

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait