PDIP Sebut Gibran Bisa Dipasangkan Dengan Wakil Wali Kota Solo, Ini Syaratnya
Nasional

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan jika Dewan Pimpinan Pusat PDIP memasangkan Gibran dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

WowKeren - Gibran Rakabuming sudah mantap akan maju menjadi calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020 mendatang. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan mengaku siap jika kemungkinan nanti dirinya dipasangkan dengan Achmad Purnomo.

Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah sendiri mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan jika Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memasangkan Gibran dengan Wakil Wali Kota Solo yang saat ini masih menjabat itu. Sebab, PDIP ternyata bisa mengusung calon kepala daerah tanpa dukungan dari partai politik lain untuk wilayah Solo.

"Semua kemungkinan bisa saja terjadi," kata Basarah. "Karena di Solo, PDIP Alhamdulillah bisa mengusung sendiri, tanpa harus tergantung pada dukungan parpol lain sehingga teori bahwa di Solo kita dapat mengusung kader internal itu sangat dimungkinkan."

Akan tetapi, Basarah menegaskan jika seluruh keputusan pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah masih menunggu keputusan internal DPP PDIP. Menurutnya, ada beberapa skenario soal paslon kepala daerah yang akan diusung PDIP.


Pertama, mengusung calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari internal PDIP. Sedangkan kemungkinan kedua, mengusung calon kepala daerah dari internal PDIP dan calon wakil kepala daerah pihak eksternal atau sebaliknya.

"Skenario calon kepala daerah dan wakil kepala daerah internal. Skenario kepala daerah internal wakilnya eksternal, atau kepala daerah eksternal wakil internal," ujar Basarah yang dilansir Kompas pada Selasa (31/12). "Tapi skenario yang paling mungkin adalah yang pertama dan kedua."

Basarah kemudian menuturkan bahwa pada prinsipnya, PDIP membuka kerja sama dengan seluruh partai politik dalam Pilkada 2020. "Tapi tentu saja syarat-syarat dan kriteria kerjasama itu harus kita sepakati secara bersama-sama," katanya saat ditemui di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Selasa (31/12).

Sebelumnya, Gibran mengaku siap jika kemungkinan nanti dirinya dipasangkan dengan Achmad Purnomo di Pilkada Solo 2020. Hal tersebut disampaikan Gibran seusai kegiatan sosial penyaluran air bersih di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah pada Jumat (1/11). "Saya tunduk kepada keputusan partai. Iya harus siap (dipasangkan)," katanya.

Gibran dan Purnomo sendiri diketahui sedang sama-sama berebut rekomendasi untuk maju di Pilkada Solo 2020 dari DPP PDIP. Purnomo ditugaskan dari DPC PDIP Kota Surakarta sebagai bakal calon wali kota. Gibran juga masih terus berupaya agar bisa maju jadi calon wali kota di 2020.

(wk/aros)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait