Anies Sebut Pengendalian Banjir Jakarta Harus Dimulai dari Selatan
Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai bahwa kunci pengendalian banjir di Jakarta adalah dengan mengendalikan air sebelum masuk pada kawasan pesisir.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara mengenai pengendalian banjir di ibu kota. Menurutnya, pengendalian banjir di Jakarta harus dimulai dari wilayah selatan.

Pasalnya, selama ini sumber air yang masuk di wilayah pesisir Jakarta berasal dari Selatan. Jika tidak ada pengendalian dari air ini maka apapun yang dilakukan di Jakarta dalam menanggulangi banjir tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

"Selama air dibiarkan dari selatan masuk ke Jakarta dan tidak ada pengendalian," kata Anies di Jakarta, Rabu (1/1). "Maka apa pun yang kita lakukan di pesisir termasuk di Jakarta tidak akan bisa mengendalikan air."

Ia kemudian mencontohkan banjir ekstrem yang pernah terjadi di kampung Melayu beberapa waktu lalu. Walau sudah dilakukan normalisasi namun hal itu tidak memberikan hasil yang signifikan. Oleh sebab itu, kunci pengendalian banjir adalah mengendalikan air sebelum masuk ke kawasan pesisir.


Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan untuk mengendalikan banjir sepanjang aliran Sungai Ciliwung. Jika bendungan ini sudah selesai dikerjakan, Anies yakin bahwa volume air yang masuk ke pesisir bisa dikendalikan.

"Kalau dua bendungan itu selesai, maka volume air yang masuk ke pesisir bisa dikendalikan," kata Anies. "Insya Allah kita terbebas dari banjir."

Oleh sebab itu, Anies mengatakan bahwa pemerintah provinsi dan pusat akan membicarakan persoalan ini. Bersama-sama, mereka akan membahas rencana untuk menuntaskan pengendalian sebelum air masuk kawasan pesisir. Ia juga meminta partisipasi masyarakat.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah aliran sungai," lanjut Anies. "Untuk bersiaga dan berkoordinasi dengan jajaran petugas Pemprov DKI yang sudah siap membantu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait