Prihatin Lihat Banjir, Hotman Paris Sarankan Indonesia Ikuti Jejak Singapura
Selebriti

Banjir yang menerjang wilayah Jakarta dan sekitarnya telah membuat prihatin Hotman Paris Hutapea. Pengacara kondang ini sarankan agar Indonesia bisa ikuti jejak Singapura.

WowKeren - Curah hujan deras telah mengguyur wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1). Kini wilayah Jakarta dan sekitarnya diterjang dengan banjir yang cukup parah.

Banjir tersebut telah menyebabkan beberapa titik arus lalu lintas di sebagian wilayah Jakarta harus dialihkan karena terendam air. Selain itu, telah terjadi ledakan pengungsi yang tersebar di sejumlah titik pengungsian di wilayah Jakarta.

Posko Banjir Jakarta telah mendata jumlah pengungsi banjir di seluruh wilayah Jakarta mencapai angka 31.232 orang hingga Rabu (1/1) malam. Para pengungsi tersebut juga dilaporkan sangat membutuhkan bantuan makanan, air bersih, selimut dan karpet.

Kondisi tersebut rupanya membuat prihatin pengacara kondang Indonesia, Hotman Paris Hutapea. Melalui akun Instagramnya, Hotman turut memperlihatkan dahsyatnya banjir yang saat ini menimpa wilayah Jakarta.

Dalam video tersebut, terlihat bagaimana deretan mobil saling bertabrakan dan ikut terseret arus banjir. Bahkan, ketinggian genangan air dalam video tersebut sudah mencapai atap rumah.


Pembaca acara "Hotman Paris Show" lantas mengkritisi lemahnya implementasi regulasi sampah yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Ia bahkan membandingkan ketegasan hukum yang ada di Indonesia dan di Singapura.

Hotman menyarankan agar Indonesia dapat mulai belajar dari Singapura yang berani mendenda perokok sembarangan hingga ratusan dolar. Ketegasan tersebut dinilai Hotman dapat diterapkan dengan memberikan denda kepada masyarakat Indonesia yang masih membandel dengan membuang sampah sembarangan.

"Di Singapura, salah tempat merokok saja bisa kena sanksi ratusan dolar!," kritik Hotman melalui caption akun Instagramnya. "Di Indonesia, buang sampah seenaknya dan manajemen sampah pemerintah kurang ok!"

Pengacara usia 60 tahun ini kemudian menawarkan solusi untuk menanggulangi permasalahan banjir. Sebagai seorang pengacara yang telah malang melintang dalam dunia hukum lebih dari tiga dekade, Hotman mendesak agar pemerintah segera menegakkan hukum.

Hotman percaya jika ketegasan hukum merupakan solusi paling ampuh dalam menangani permasalahan banjir. "Lagi-lagi hukum!! Wibawa hukum solusinya! Malapetaka ini (banjir) tidak akan terjadi kalau hukum berwibawa seperti di Singapura!! Wibawa hukum," pungkas bapak tiga anak ini.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru