BPBD DKI Jakarta Ungkap Banjir Tinggal Tersisa di 1 Kelurahan
Nasional

Hingga Senin (6/1) pukul 06.00 WIB, tercatat masih ada 3 RW dan 3 RT yang terendam banjir di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Ketinggian air sendiri masih mencapai 1,5 meter.

WowKeren - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada malam pergantian tahun baru diketahui membuat sejumlah titik terendam air. Banjir Ibu Kota di awal tahun 2020 kini tinggal menyisakan 1 kelurahan yang masih terendam, yakni Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, masih ada 1.867 warga yang mengungsi di Semanan. "Tinggal Semanan, Jakbar (yang masih tergenang)," ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta, M Ridwan, dilansir detikcom pada Senin (6/1).

Hingga Senin (6/1) pukul 06.00 WIB, tercatat masih ada 3 RW dan 3 RT yang masih terendam di Semanan. Ketinggian air sendiri masih mencapai 1,5 meter.

"Keterangan tinggi air 150 cm. Jumlah KK yang mengungsi 657," terang Ridwan. "Jumlah jiwa yang mengungsi 2.867. Lokasi pengungsian 5."

Sementara itu, genangan sudah tak ada lagi di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Meski demikian, masih terdapat beberapa warga yang mengungsi lantaran tempat tinggal mereka masih terendam lumpur.


"Karena rumah-rumah masih dalam tahap recovery," pungkas Ridwan. "Dibersihkan dulu lumpurnya."

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri sempat turun tangan dan ikut dalam kerja bakti membersihkan lumpur sisa banjir. Anies mengikuti kerja bakti di RW 03, Kel. Makasar, Kec. Makasar, Jakarta Timur, pada Minggu (5/1) dan membagikan kegiatannya tersebut ke media sosial.

"Baju kotor, celana penuh bercak lumpur, bahkan tangan kaki tak lagi nampak kulitnya. Itulah para peserta kerja bakti pagi ini di 388 RW di Jakarta," tulis Anies sebagai caption Instagram-nya yang memuat postingan kegiatan tersebut. "Sejak pukul 6 pagi, sekitar +/- 300 orang semua berkumpul per RW terdampak. Semua bekerja, bahu membahu. Kami berkerja di RW 03, Kel. Makasar, Kec. Makasar, Jakarta Timur. Relawan antusias, warga menyambut dengan tangan terbuka."

Di sela-sela kerja bakti itulah, terdapat seorang warga yang menghampiri Anies dan langsung memujinya. Warga itu bernama Rodiyah. Sambil membawa ponselnya, Rodiyah lantas merekam kondisi sekitarnya.

Saat itulah ia melontarkan pujian kepada Anies dan menyebutnya sebagai sosok "good bener". "Good bener. Gubernur DKI rasa Presiden," puji Rodiyah, dilansir dari detikcom.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait