Pengungsi Akibat Banjir Dan Longsor Di Bogor Capai 15 Ribu Orang
Nasional

Curah hujan yang tinggi telah memicu adanya banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah Indonesia. Bencana tersebut telah menciptakan gelombang pengungsi yang cukup besar.

WowKeren - Cuaca yang ektrem dan curah hujan yang tinggi telah memicu adanya bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang sejumlah wilayah di Indonesia. Akibatnya, banyak masyarakat di Indonesia mengalami kerugiaan yang begitu besar karena terkena bencana alam ini.

Kini banjir di beberapa daerah dilaporkan sudah mulai surut. Para pengungsi akibat bencana yang terjadi di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi ini pun sudah mulai kembali pulang ke rumah masing-masing.

Walau begitu, jumlah pengungsi yang ada di Kabupaten Bogor justru dilaporkan mengalami kenaikan yang signifikan. Tercatat, hingga saat ini jumlah pengungsi di Bogor mencapai 15 ribu orang.

Berdasarkan data rekapitulasi dampak banjir dan longsor yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah total pengungsi di seluruh wilayah Jabodetabek per tanggal 5 Januari 2020 pukul 23.00 WIB sebanyak 7.699 KK dengan 35.502 jiwa. Sebelumnya, tanggal 4 Januari pukul 18.00 WIB sebanyak 39.102 KK dengan 92.261 jiwa.


"Terjadi penurunan jumlah pengungsi di DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangsel, Kabupaten Lebak," tulis BNPB melalui akun Twitter mereka, Senin (6/1). "(Penurunan) dikarenakan pengungsi kembali ke rumah masing-masing."

Penurunan paling banyak terjadi di Bekasi. Wilayah Bekasi pada Sabtu (4/1) menampung 70.002 pengungsi, namun pada Minggu (5/1) tinggal menampung sebanyak 221 pengungsi saja.

Sementara itu, Kabupaten Bogor mengalami penambahan pengungsi. Pada Sabtu (4/1) lalu, jumlah pengungsi di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 1.185 KK dengan 4.146 orang. Angka ini naik pada Minggu (5/1) menjadi 2.210 KK dengan 15.115 jiwa.

Sementara itu, BNPB mencatat untuk korban meninggal karena bencana banjir dan longsor telah mengalami kenaikan. Dari 60 jiwa pada Sabtu (4/1) menjadi 66 korban meninggal pada Minggu (5/1).

Tak hanya itu, BNPB juga mencatat penurunan jumlah titik banjir dari sebelumnya di 11 wilayah kabupaten/kota pada Sabtu (4/1), namun kini wilayah banjir menjadi hanya tinggal di Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Jakarta Barat. Sejumlah warga di beberapa titik lokasi banjir yang sudah surut juga mulai membersihkan rumah mereka dari lumpur sisa banjir.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait