AS-Iran Saling Serang, Menlu RI Ungkap Dampaknya Juga Akan Terasa di Indonesia
Nasional

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lantas menilai bahwa konflik serta eskalasi antara Iran dan Amerika Serikat ini akan berdampak pada kondisi dunia. Tak terkecuali Indonesia.

WowKeren - Iran diketahui baru saja menyerang basis militer Amerika Serikat di Irak sejak Rabu (8/1) pagi. Serangan tersebut adalah aksi balasan Iran usai AS menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lantas menilai bahwa konflik serta eskalasi antara Iran dan AS ini akan berdampak pada kondisi dunia. Tak terkecuali Indonesia.

"Kita tahu kalau terjadi eskalasi, maka dampaknya tidak akan dapat terlokalisir," ujar Retno di Kantor Kemenlu pada Rabu (8/1). "Dampaknya bisa dirasakan oleh kawasan maupun dunia, termasuk ekonomi dunia yang tanpa eskalasi sudah cukup tertekan saat ini."

Oleh sebab itu, tutur Retno, Indonesia sangat menaruh concern atau perhatian pada konflik ini. Retno lantas mengungkapkan bahwa dirinya telah menemui pihak AS dan juga Iran, serta meminta keduanya untuk menahan diri.


"Concern ini sudah kita sampaikan ke pihak AS dan Iran dengan satu harapan," ujar Retno. "Semua pihak yang terkait bisa menahan diri sehingga tidak terjadi eskalasi yang lebih buruk."

Menurut Retno, pihaknya hingga saat ini masih terus memantau situasi di Timur Tengah. Selain itu, Retno juga akan meminta keterangan langsung dari perwakilan Indonesia yang ada di Tehran, Baghdad dan New York.

"Kita akan mendengarkan dulu perkembangan terakhirnya apa," ungkap Retno. "Kalau bicara concern, kita sangat concern terhadap perkembangan situasi saat ini."

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri sendiri telah memberikan imbauan kepada WNI di Irak. Pihak Kemlu meminta agar WNI selalu waspada dan segera menghubungi KBRI apabila membutuhkan bantuan.

"Kami mengimbau WNI di Irak untuk selalu meningkatkan kewaspadaan," tulis Kemlu dalam situs resminya. "Segera hubungi KBRI jika memerlukan informasi/bantuan. Hotline KBRI Baghdad +9647500365228."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait