Banjir Sebabkan Mal Tutup, Pengusaha Tuntut Ganti Rugi Rp 15 Miliar ke Pemprov DKI
Nasional

Akibat banjir yang masuk ke mal menyebabkan beberapa pusat perbelanjaan terpaksa harus menghentikan kegiatan operasionalnya. Bahkan ada yang sampai sepekan.

WowKeren - Hujan deras yang mengguyur wilayah ibu kota dan sekitarnya pada penutupan tahun 2019 menyebabkan banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta. Tak hanya menerjang pemukiman, banjir juga masuk ke pusat perbelanjaan.

Akibatnya, kegiatan operasional mal menjadi terganggu karena terpaksa harus tutup. Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HPPBI) menuntut ganti rugi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kita mau fair sajalah untuk kompensasi banjir ini," kata Ketua Budihardjo Iduansjah di Jakarta, Sabtu (11/1). "Sejauh ini kita tuntutannya beberapa kebijakan yang menghambat bisa dicabut, seperti pajak."

Akibat banjir yang mengguyur sejumlah wilayah ibu kota menyebabkan mal tidak bisa beroperasi demi keselamatan pengunjungnya. Misalnya Mall Taman Anggrek yang terpaksa tutup karena adanya kerusakan mesin pembangkit listrik akibat terendam banjir.


Bahkan, pihak mal terpaksa membuat tanggul untuk menghindari terjadinya banjir susulan. Tanggul tersebut dibuat dengan memanfaatkan karung sak pasir dan terpal untuk menghindari air masuk ruang pembangkit listrik di lantai paling dasar gedung.

Bukan satu hari, bahkan ada mall yang terpaksa berhenti beroperasi selama sepekan, seperti Mall Cipinang dan Lippo Puri Mall. Terkait berapa kerugian yang dialami setiap mal, ia mensinyalir sekitar Rp 15 miliar rupiah.

"Kita target permeter persegi Rp 1 juta sampai Rp 2 juta perbulan, ini mereka tutup setengah bulan," terang Budiharjo. "Misal Rp 500 ribu, kali saja kalau luas mal ada 30 ribu meter persegi, bisa rugi capai Rp 15 miliar selama tutup."

Keluhan masuknya air banjir ke pusat perbelanjaan sebelumnya disampaikan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat. Selama ini, meskipun Jakarta dilanda banjir, air bah tersebut tak sampai masuk ke pusat perbelanjaan. Ia pun mengaku kaget dengan peristiwa itu.

"Kita lihat selama ini hampir (semua) mal nggak ada kena (banjir)," kata Ellen dilansir Detik, Sabtu (11/1). "Biasanya hanya di depan, sekarang sampai masuk. Kita selaku tenant kaget juga. Parahnya itu (banjir) sampai masuk ke dalam mal, biasanya jarang sampai ke dalam."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait