Bagus Untuk Jantung Hingga Rambut, Ini 7 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui!
Health

Minyak ikan dihasilkan dari berbagai jenis ikan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden. Minyak ikan dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3.

WowKeren - Kalian pasti sudah enggak asing lagi dengan salah satu suplemen kesehatan, minyak ikan. Minyak ikan dihasilkan dari berbagai jenis ikan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden. Minyak ikan dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh loh. Pada dasarnya asam lemak omega-3 terdapat diberbagai sumber makanan dari laut dan sumber makanan nabati.

Terdapat dua jenis asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA). Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Nah apa saja sih manfaat minyak ikan bagi kesehatan? Berikut tim WowKeren rangkum. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Konsumsi Minyak Ikan Bisa Untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Konsumsi Minyak Ikan Bisa Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minyak ikan yang paling umum adalah mencegah penyakit jantung, artritis dan beberapa jenis kanker. Hal ini karena minyak ikan dapat melancarkan peredaran darah, sehingga kalian akan terhindar dari serangan jantung.

Mengonsumsi ikan yang kaya minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak ikan secara rutin berisiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, dan memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

2. Jaga Kesehatan Tulang Dengan Konsumsi Minyak Ikan Dengan Rutin


Jaga Kesehatan Tulang Dengan Konsumsi Minyak Ikan Dengan Rutin

Minyak ikan dipercaya dapat menjaga kepadatan tulang, hal ini dibuktikan pada percobaan yang dilakukan pada tikus. Penelitian tersebut membandingkan antara pemberian asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 pada tikus.

Hasil yang didapatkan adalah pada tikus yang diberikan asam lemak omega 6 memiliki tulang yang lebih rapuh dan mineral dalam tulang yang lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang diberikan asam lemak omega 3. Terbukti bahwa minyak ikan bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang.

3. Meningkatkan Pembakaran Lemak Tubuh Dengan Minyak Ikan


Meningkatkan Pembakaran Lemak Tubuh Dengan Minyak Ikan

Selain menjaga kesehatan jantung, minyak ikan juga bisa membantu kalian membakar lemak. Penelitian yang dilakukan di University of South Australia telah menemukan bahwa mengkonsumsi minyak ikan yang bersamaan dengan aktivitas olahraga akan berhasil menurunkan lemak.

Selama penelitian tersebut dilakukan, mereka yang mengalami kelebihan berat badan biasanya akan menyerap omega 3 lebih banyak. Bagian tubuh yang menyimpan lemak tersebut, khususnya perut, secara signifikan akan berkurang pada mereka yang melakukan aktivitas olahraga dan dibarengi konsumsi minyak ikan.

4. Minyak Ikan Ternyata Juga Bisa Mencegah Kerontokan Rambut Loh


Minyak Ikan Ternyata Juga Bisa Mencegah Kerontokan Rambut Loh

Jika kalian yang memiliki masalah dengan rambut, sebaiknya mulai berpikir untuk mengonsumsi minyak ikan ya. Minyak ikan ternyata bisa membantu kalian mencegah kerontokan rambut. Hal ini karena nutrisi yang terkandung dalam minyak ikan dapat menjaga folikel rambut terstimulasi.

Tak hanya itu, manfaat minyak ikan pun dapat membuat kamu terhindar dari luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Omega 3 yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai pelembap yang membuat kulit lebih halus dan tidak kering. Minyak ikan juga membantu meredakan jerawat.

5. Minyak Ikan Juga Bisa Sebagai Pencegah Penurunan Massa Otot Pada Pasien Kanker


Minyak Ikan Juga Bisa Sebagai Pencegah Penurunan Massa Otot Pada Pasien Kanker

Pasien kanker yang sedang mengalami pengobatan rentan kehilangan massa otot. Sebuah percobaan yang dilakukan pada pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi, menemukan 16 pasien yang mengonsumsi minyak ikan dengan teratur tidak terlalu mengalami penurunan berat badan yang banyak. Sedangkan pada 24 pasien lainnya yang tidak mengonsumsi minyak ikan, diketahui kehilangan berat badan sebanyak 2,3 kg.

Minyak ikan juga mendorong pertumbuhan otot dengan mengurangi hormon katabolik dan meningkatkan hormon anabolik. Minyak ikan juga meningkatkan sintesis protein yang penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot.

6. Lindungi Tubuh Dari Radikal Bebas dan Polusi Menggunakan Minyak Ikan


Lindungi Tubuh Dari Radikal Bebas dan Polusi Menggunakan Minyak Ikan

Ternyata, minyak ikan dapat menjaga kesehatan jantung kalian dari polusi udara yang sangat tinggi terjadi di tempat tinggal Anda. Penelitian yang dilakukan di Amerika melibatkan sebanyak 29 orang dewasa yang sehat, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang mengonsumsi 3 gram minyak ikan selama empat minggu dan kelompok yang tidak mengonsumsi minyak ikan sama sekali.

Mereka kemudian diminta diam di tempat yang terkena polusi udara selama dua jam. Hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah kelompok orang yang tidak mengonsumsi minyak ikan, mendapatkan lebih banyak dampak negatif dibandingkan dengan kelompok satunya.

7. Minyak Ikan Bisa Memaksimalkan Olahraga Sehingga Tubuh Jadi Kuat


Minyak Ikan Bisa Memaksimalkan Olahraga Sehingga Tubuh Jadi Kuat

Seperti yang kalian tahu, olahraga merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika mengonsumsi minyak ikan, kemudian berolahraga, maka manfaat yang akan didapatkan tubuh Anda akan lebih banyak. Melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu selama 12 minggu dan diiringi dengan konsumsi minyak ikan, dapat menurunkan berat badan dan kadar lemak secara drastis pada orang yang mengalami obesitas dan overweight.

Minyak ikan efektif mengatasi cedera otot dan persendian serta mengurangi peradangan. Hal ini sangat berguna bagi atlet yang sering melakukan aktivitas fisik sekaligus mendapatkan keuntungan kesehatan lainnya.

Intip juga yuk beberapa manfaat terong untuk kesehatan tubuh di sini. Simak juga beberapa manfaat kentang yang jarang diketahui untuk kecantikan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait