Tes CPNS Dimulai Hari Ini, Peserta Bisa Langsung Pantau Hasilnya
http://www.menpan.go.id
Nasional

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa hasil tes bisa langsung dipantau peserta usai ujian lewat layar yang dipasang dan menayangkan hasil secara online.

WowKeren - Rangkain seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 masih bergulir. Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, para peserta yang lolos seleksi administrasi kini harus menjalani tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Tes SKD ini dilakukan secara serentak se-Indonesia dan diikuti oleh 32 ribu peserta CPNS. Hari ini, Senin (27/1), merupakan hari pertama tes SKD dilangsungkan. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana membuka gelaran tes SKD di kantornya di Cawang, Jakarta Timur.

"Jadi 34 provinsi dan beberapa kabupaten sudah mulai SKD. Peserta hari ini sampai sore 32 ribu orang," jelas Bima pada hari ini. "Mudah-mudahan persiapan (dari) seminggu lalu enggak ada masalah."

Sementara itu, 32 ribu peserta tersebut tersebar di 42 instansi yang ada di Indonesia dengan rincian 19 instansi pusat dan 23 pemerintah daerah. Dalam 1 sesi, peserta diberi waktu untuk menyelesaikan soal hingga 90 menit.

Soal-soal tersebut terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). "Soal SKD 90 menit terdiri dari 100 soal dan akan dilakukan selama 5 sesi jadi dari pagi sampai sore," terang Bima.


Namun, khusus untuk 2 sesi pertama tes yang digelar di Gedung BKN, peserta merupakan mereka yang mendaftar ke BKN. Setelah itu, sesi ketiganya adalah untuk mereka yang mendaftar ke Badan Intelijen Negara (BIN).

"Besok juga masih BIN," terang Bima. "Dan kita mungkin nanti akan berikan jadwal untuk pelaksanaan seleksi ini sehingga teman-teman media bisa mengetahui siapa yang ujian di tempat mana."

Sementara itu, hasil tes SKD sendiri dapat diketahui langsung pada hari ini juga, setelah para peserta selesai mengerjakan seluruh soal. Pasalnya, sistem penilaian langsung terpantau dari layar yang dipasang BKN dan menayangkan hasil secara online.

"Langsung, begitu selesai, keluar (hasilnya) di layar," ungkap Bima. "Nah mereka sudah tahu hasil SKD-nya."

Meski hasil tes langsung diketahui, untuk tahu lolos tidaknya peserta yang mengikuti tes SKD masih butuh waktu. Pasalnya, pengumuman resmi akan disampaikan apabila kementerian atau instansi terkait telah memverifikasi nilai-nilai peserta secara keseluruhan.

"Tapi diumumkannya setelah satu instansi selesai. Nilainya nanti diverifikasi betul tidak nilai ini," pungkas Bima. "Jadi butuh waktu verifikasi itu. Kami tidak berani mengumumkan kalau ada yang salah bisa ribut nanti. Kami ingin betul-betul yakin yang diumumkan instansi itu sudah verified."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru