Demokrat: Tolong Harun Masiku Jangan Terus Disembunyikan
Nasional

Anggota Komisi III DPR fraksi Demokrat, Benny Kabur Harman, menilai bahwa penangkapan Harun Masiku bisa menjadi kesempatan bagi jajaran Komisioner KPK anyar untuk membuktikan independensi mereka.

WowKeren - Kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR fraksi PDIP Harun Masiku hingga kini masih bergulir. Harun yang telah ditetapkan sebagai tersangka hingga saat ini diketahui masih belum tertangkap.

Anggota Komisi III DPR fraksi Demokrat, Benny Kabur Harman, lantas meminta keberadaan Harun tidak lagi disembunyikan. Harun sendiri disebut telah kembali ke Tanah Air sejak 7 Januari 2020 setelah sempat pergi ke Singapura pada 6 Januari 2020.

"Tolong, Masiku ini jangan terus disembunyikan, tangkap dia sudah. Ya bisa saja Tuhan sembunyikan dia (Harun) atau setan yang sembunyikan Masiku, ya kan? Lalu mau siapa lagi," ujar Benny dalam rapat antara Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (27/1). "Saya sedih, saya yakin sekali Masiku ada di Republik ini, dan saya tahu pasti ya kita semua, apalagi pimpinan, apalagi ketua Dewas tahu di mana Masiku tinggal. Oh enggak ya? Maksud saya Pak, masa seorang Masiku ini tidak bisa kita temukan, sedih saya."

Benny pun meyakini bahwa Harun kini berada di Indonesia. Ia lantas membandingkan upaya pencarian Harun dengan aparat kepolisian yang mempu menangkap tersangka kasus terorisme dalam waktu 3 hari saja.


"Kasus terorisme besar, tiga kali 24 jam gampang sekali dapatnya," tutur Benny. "Masa Masiku, aduh kuman di seberang lautan bisa kita lihat, gajah di depan mata saya enggak bisa aku lihat. Masuk akal sebab gajahnya kegedean."

Lebih lanjut, Benny menilai bahwa pencarian dan penangkapan Harun bisa menjadi kesempatan bagi jajaran Komisioner KPK periode 2019-2023 untuk membuktikan independensi mereka. Untuk membuktikan bahwa mereka benar-benar bebas dari pengaruh penguasa.

"Jangan ada kesan Masiku dan partai penguasa lalu KPK lumpuh, ini adalah momentum KPK punya otonomi atau tidak," tegas Benny. "Di bawah tekanan penguasa atau tidak."

Menanggapi pernyataan Benny, Ketua KPK Firli Bahuri pun menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki kepentingan terhadap Harun. Ia juga membantah bahwa KPK menyembunyikan Harun.

"Apalagi kalau disebut menyembunyikan, memangnya siapa dia kita menyembunyikan?" ujar Firli. "Saya yakin tidak ada yang menyembunyikan dia."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru