Birthday Spotlight: Happy Jihyo Day
Naver
Selebriti

Kami tim redaksi WowKeren akan mengulas tentang Jihyo yang berulang tahun ke-23 tepat hari ini, 1 Februari. Yuk intip seperti apa perjalanan karir leader Twice itu mulai pra debut hingga kini!

WowKeren - Selamat akhir pekan untuk pembaca setia WowKeren! Seperti biasanya, kami tim redaksi akan menyoroti perjalanan karir bintang Korea Selatan lewat rubrik Birthday Spotlight.

Pekan ini, kami akan mengulas tentang member Twice, Jihyo. Idol kelahiran 1997 tersebut merayakan ulang tahun ke-23 (menurut perhitungan internasional) tepat hari ini, 1 Februari.


Jihyo lahir di Guri, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Idol cantik ini diberi nama Park Jisoo sebelum akhirnya berganti nama menjadi Jihyo.

Sebagai vokalis utama grup, Jihyo dikenal karena suaranya yang kuat, keterampilan menari yang bagus, dan karismatik. Jihyo juga dikenal sebagai leader Twice.

Yuk intip seperti apa perjalanan karir Jihyo mulai pra debut hingga kini!

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Jihyo bergabung dengan JYP Entertainment sebagai trainee pada usia delapan dan dilatih selama sepuluh tahun sebelum debut. JYP telah mengincar Jihyo setelah ia berpartisipasi dalam kontes di Junior Naver dan berada di posisi kedua. Jihyo menghabiskan sepuluh tahun sebagai trainee sebelum memulai debutnya dengan Twice pada 2015.

Selama tahun-tahun pelatihannya, Jihyo dikenal sebagai wajah remaja dari Innisfree bersama boy band Boyfriend. Ia menjadi trainee bersama ido-idol populer JYP seperti Sunmi, Suzy, Jo Kwon dan Nichkhun. Jihyo awalnya disiapkan debut bersama Nayeon, Jeongyeon dan Sana, tapi proyek itu dibatalkan. Sebagai gantinya, mereka semua bergabung dengan ajang pencarian bakat bertajuk "Sixteen untuk memilih member-member Twice.

Jihyo secara hukum mengubah namanya menjadi Park Jihyo sebelum kompetisi. Sebagai salah satu dari sembilan peserta yang sukses, ia bergabung dengan girl grup yang baru dibentuk, Twice.

2. Debut


Debut

Jihyo bersama Twice secara resmi memulai debutnya pada 7 Oktober 2015 dengan merilis mini-album pertama bertajuk "The Story Begins". Single utama "Like Ooh-Ahh" adalah lagu debut K-pop pertama yang mencapai 100 juta tampilan di YouTube. Meskipun bukan member tertua grup, Jihyo dipilih oleh teman-teman grupnya sebagai leader.

Seperti diketahui, Twice adalah grup debutan dari ajang survival JYP Entertainment "Sixteen". Acara dimulai pada 5 Mei dan berakhir dengan Nayeon, Jeongyeon, Sana, Jihyo, Mina Myoui, Dahyun dan Chaeyoung sebagai tujuh member Twice. Park Jin Young kemudian menambahkan Tzuyu, yang merupakan "pilihan penonton" karena ia adalah kontestan paling populer, dan Momo, yang ditambahkan olehnya sendiri. Keputusan itu memicu kontroversi dengan banyak orang mengeluh tentang tersingkirnya kontestan yang dapat bergabung dengan grup.

Album dan video musik "Like Ooh-Ahh" dirilis pada 20 Oktober. Twice tampil secara langsung di hari yang sama, di mana mereka menampilkan semua lagu dari mini album debut. Video musik mencapai 50 juta viewers di YouTube dalam waktu lima bulan dari debut mereka dan menjadi salah satu video musik debut yang paling banyak dilihat untuk grup K-Pop.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Jihyo bersama Twice mencapai puncak karir dengan kemenangan pertama di acara musik melalui lagu "Cheer Up" dari mini album kedua "Page Two" yang dirilis pada 25 April 2016.

Twice memenangkan penghargaan program musik pertama mereka dengan pada 5 Mei di "M! Countdown", tepat satu tahun setelah penayangan awal "Sixteen". Ini segera diikuti oleh kemenangan di "Music Bank" KBS dan "Inkigayo" SBS.

"Page Two" sendiri telah mencapai penjualan lebih dari 150.000 kopi pada Agustus 2016, menjadikan Twice sebagai girl grup pertama yang memiliki rekor penjualan lebih dari 100.000 unit pada tahun itu.

Menyusul "Page Two", Twice meluncurkan lagu baru mereka "One in a Million" dari mini album ketiga mereka, "Twicecoaster: Lane 1". Lagu utama bertajuk "TT" dirilis online pada 24 Oktober. "TT" menjadi video musik pertama oleh artis wanita K-pop yang melampaui 200 juta penonton. Hingga kini, Twice masih konsisten mencetak prestasi penjualan yang menakjubkan.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

JYP Entertainment tidak memperbolehkan para member Twice untuk menjalani kegiatan individu, kecuali pemotretan solo. Meski begitu, beberapa member pernah tampil di variety show termasuk Jihyo.

Jihyo muncul sebagai kontestan dari "King Of Masked Singer" episode 69 pada 24 Juli 2016 dengan julukan "You Hold Me, Little Ghost". Jihyo berduet dengan DK Seventeen (II) di ronde pertama membawakan "Dream" milik Suzy dan Baekhyun EXO. Jihyo bernyanyi dengan suara sangat jernih dan indah. Lagu kedua yang ia tampilkan adalah "Like a Indian Doll" oleh Nami.

Lagu pilihan Jihyo mengejutkan semua orang dan jauh lebih menggoda dibandingkan dengan ronde pertama. Segera setelah dia mengungkapkan wajahnya di atas panggung, panelis dan pemirsa terkejut bahwa Jihyo adalah wajah di balik topeng.

Jihyo mengatakan bahwa akan menyenangkan jika ia bisa lolos ke babak kedua. Meski gugup, ia bersyukur telah mendengar banyak tanggapan positif dari para panelis dan berencana mengambil kesempatan untuk menjadi penyanyi yang lebih baik di masa depan.

Namun acara tersebut menerima kritik atas komentar panelis tentang Jihyo. Salah satu panelis berkomentar tentang penampilannya, mengatakan bahwa itu bukan ukuran yang tepat untuk member grup perempuan karena bahunya terlihat terlalu berotot.

5. Kontroversi


Kontroversi

Jihyo tercatut skandal video seks Jung Joon Young yang menggegerkan publik pada Maret 2019. Seorang member girl grup dikonfirmasi menjadi korban dan publik menduga bahwa leader Twice adalah orang yang dimaksud. Saat itu, Jihyo yang baru tiba di bandara bersama Twice terlihat menangis.

Di tahun yang sama, Jihyo terlibat skandal kencan dengan Kang Daniel mantan personel Wanna One. Keduanya dikonfirmasi berpacaran setelah foto-foto kencan diungkap oleh Dispatch pada 5 Agustus.

Baru-baru ini menuai kontroversi lantaran pilihan kata yang digunakan dalam penjelasan terkait ketidakhadirannya selama Mnet Asian Music Awards 2019 yang diselenggarakan di Osaka, Jepang pada 4 Desember. Ia dikritik habis-habisan oleh netizen.

Begitu kontroversi semakin parah, Jihyo angkat bicara melalui postingan di fan cafe resmi Twice. Jihyo meminta maaf atas apa yang ia katakan dan menjelaskan bahwa ia telah mengalami kesulitan sejak awal tahun lalu, terutama setelah hubungan asmaranya dengan Kang Daniel terungkap pada Agustus.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Jihyo dipastikan akan sibuk mengadakan tur konser bersama Twice awal tahun ini. Tur dunia bertajuk "Twicelights" masih menyisakan beberapa kota di Jepang untuk disinggahi. Twice dijadwalkan akan menggelar konser di Fukuoka (11 dan 12 Februari), Shizuoka (22 dan 23 Februari) dan Tokyo (3 dan 4 Maret). Tur "Twicelights" akan ditutup oleh konser encore di Seoul pada 7 dan 8 Maret tepatnya di KSPO Dome.

JYP Entertainment belum mengumumkan tentang comeback untuk album Korea. Namun Jihyo dan kawan-kawan dijadwalkan akan merilis repackage untuk album Jepang mereka yang bertajuk "Swing". Album repackage ini akan berisi versi baru untuk "Fake & True" dengan judul "The Truth Game".

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait