'Agama Musuh Pancasila' Terus Dikritik, Kepala BPIP Beri Klarifikasi
Nasional

Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, menjadi sasaran kritik banyak pihak pasca menyebut agama sebagai musuh besar Pancasila. Kekinian Yudian pun memberikan klarifikasinya.

WowKeren - Nama Prof Yudian Wahyudi tengah menjadi salah satu yang paling sering dibicarakan setidaknya pada hari ini (12/2). Pasalnya akademisi yang menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu baru saja melontarkan pernyataan kontroversial.

Sebagai pengingat, Yudian menyebut agama sebagai musuh utama dari ideologi Pancasila. Pernyataannya pun menjadi kontroversi, yang kekinian diklarifikasi oleh Yudian.

"Yang saya maksud adalah bahwa Pancasila sebagai konsensus tertingi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin," kata Yudian, Rabu (12/2).

Kepala BPIP yang baru dilantik itu menjelaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang bersifat agamis. Bahkan menurutnya nilai yang terkandung dalam kitab suci enam agama yang diakui Indonesia.


Sehingga ia menekankan bahwa Pancasila dan agama memiliki hubungan yang baik. "Jadi hubungan antara Pancasila dan agama harus dikelola sebaik mungkin," kata Yudian.

Lebih lanjut, Yudian pun menilai bahwa aspek "Ketuhanan Yang Maha Esa" dari Pancasila sudah tak lagi diaplikasikan dengan baik dan benar. Ia lantas mencontohkan fenomena oknum yang mencoba menegakkan ideologi lain diluar Pancasila ketika lembaga agama resmi justru bersikap sebaliknya.

"Yang saya maksud begini, saya mohon maaf, muslim ini kan mayoritas. Nah, dari yang mayoritas itu sebenarnya yang mayoritas beneran adalah NU dan Muhammadiyah," terangnya. "Nah tapi ada kelompok-kelompok yang menginginkan beda dengan Muhammadiyah dan NU karena Muhammadiyah dan NU itu mendukung Pancasila."

Yudian pun secara spesifik mengutip kegiatan Ijtima Ulama yang disebutnya sebagai upaya "kaum minoritas" yang berusaha melawan mayoritas. "Karena terhalang oleh mayoritas tadi, (maka) mereka mengambil tindakan-tindakan sendiri. Nah ini yang berbahaya," imbuhnya.

Sebelumnya, dalam wawancara eksklusif dengan Detik News, Yudian menyebut bahwa agama merupakan musuh terbesar ideologi Pancasila. "Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," ujar Yudian, dilansir Detik News pada Rabu (12/2).

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait