Bukan Corona, Penyakit Ini Justru 'Tumbangkan' WNI Yang Dikarantina di Pesiar Jepang
Nasional
Wabah Virus Corona

Sebanyak lebih dari 200 penumpang di kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Namun 78 WNI di sana justru 'tumbang' karena ini.

WowKeren - Wabah virus Corona masih menjadi momok menakutkan untuk warga dari berbagai penjuru dunia. Pasalnya virus ini diketahui belum menemukan "lawan" yang sepadan dan terus menginfeksi ratusan orang setiap harinya.

Pemerintah dari berbagai negara pun mengambil langkah tegas untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Salah satunya Jepang yang mengambil kebijakan untuk mengisolasi ribuan penumpang dan kru di dalam kapal pesiar Diamond Princess.

Kebijakan ini diambil pasca seorang penumpang kapal pesiar itu dinyatakan positif mengidap virus Corona. Penumpang itu sendiri ternyata baru saja melakukan perjalanan dari Hong Kong sebelum menaiki kapal.

Karantina terhadap penumpang dan kru Diamond Princess pun sedianya dilakukan hingga Rabu (19/2) mendatang. Data terakhir menyebut sebanyak lebih dari 200 penumpang Diamond Princess dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Perkembangan kasus Corona di kapal ini pun patut diikuti lantaran ada 78 WNI yang ternyata bekerja sebagai kru. Mereka pun ikut dikarantina. Namun bersyukurnya, hingga menjelang berakhirnya masa karantina, ke-78 WNI ini masih dinyatakan sehat dan tak ada satupun yang terinfeksi virus Corona.


"Kemenlu juga telah menghubungi keluarga para kru WNI untuk menginformasikan perkembangan terakhir," ujar Kementerian Luar Negeri, Kamis (13/2). Namun demikian Kemenlu terus memberikan bantuan logistik berupa vitamin kepada para WNI tersebut.

Namun kekinian rupanya beberapa WNI dikabarkan "tumbang". Menariknya, bukan karena infeksi virus Corona, para WNI itu justru mengeluhkan masuk angin.

Situasi itu pun dengan sigap ditanggapi oleh Kemenlu. Lewat Kedutaan Besar RI di Tokyo, Kemenlu kini ikut menyuplai bantuan berupa obat pereda masuk angin kepada WNI lewat otoritas Jepang.

"KBRI Tokyo (12 Feb) mengantar cairan Pereda Masuk Angin yang diminta WNI yg sedang di atas kapal Diamond Princess yang sedang dikarantina utk observasi di Yokohama," ungkap KBRI Tokyo lewat akun Twitter resminya, dikutip pada Jumat (14/2). "Sekaligus Mie Instan dan Vitamin C. Foto: barang diantar staf KBRI Tokyo ke petugas pelabuhan. #NegaraMelindungi."

Di sisi lain, Indonesia menjadi salah satu negara yang belum mengonfirmasi kasus positif virus Corona, kendati sudah sebulan lebih berlalu sejak wabah ini mencuat. Berbagai analisis pun diungkap, salah satunya terkait dengan kurangnya sarana-prasarana identifikasi virus Corona di Indonesia.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts