Diusulkan Jadi Situs Warisan Dunia, Ini Alasan LIPI Pilih Kebun Raya Bogor
Nasional

Kebun Raya Bogor tengah diusulkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) UNESCO. Inisiatif tersebut sebenarnya telah diungkap sejak 25 September 2017 lalu.

WowKeren - Kebun Raya Bogor tengah diusulkan oleh Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) untuk ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) UNESCO. Hal ini dimulai sejak 25 September 2017 lalu.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dr R Hendrian MSc, optimis bahwa Kebun Raya Bogor bisa menjadi salah satu nominasi yang disetujui masuk warisan dunia ini. Hanya saja, Kebun Raya Bogor ini perlu melakukan submit ulang pada bulan Februari 2020.

Sayangnya, target tersebut harus tertunda karena masih ada kekurangan yang perlu untuk dilengkapi sebelum diserahkan ke UNESCO. Karena itu, target submit saat ini menjadi September 2020.

"Kita sudah masuk list tentatif UNESCO, tapi kita harus melakukan penyempurnaan dulu, harus dilengkapi dokumen yang kurang," kata Hendrian dalam acara bertajuk 500 Tahun Spirit Konservasi Tumbuhan: Batutulis Hingga Kebun Raya Bogor, Jakarta, Jumat (14/2).


Kebun Raya Bogor sendiri memiliki histori yang sangat bernilai, terutama dalam perkembangan ilmu sains di Indonesia bahkan dunia. Dahulu, seluruh tanaman berupa sayuran dan buah dari Eropa akan dikembangkan di Kebun Raya Bogor terlebih dahulu sebelum disebarkan kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, Kebun Raya Bogor juga memiliki fungsi utama sebagai fasilitas penelitian dan mempertahankan keanekaragaman hayati Indonesia, terutama tumbuhan, serta berorientasi terhadap lembaga pendidikan. Koleksi di Kebun raya Bogor sendiri sudah mencapai lebih dari 320.000 spesimen individu tanaman, di mana diprediksi masih banyak lagi spesies tanaman yang belum diketahui dan teridentifikasi di alam nusantara.

Indonesia sendiri telah mendapatkan imbauan dari banyak komunitas di dunia untuk menjaga spesies tumbuhan yang terancam punah, mengingat Indonesia merupakan negara kedua setelah Brasil yang memiliki kekayaan hewan dan tumbuhan eksotis terbanyak di dunia.

"Ke depannya, tahun ini dan beberapa tahun ke depan, kita fokus untuk mengkonservasi jenis tumbuhan Indonesia yang terancam punah," ujarnya. "Kita optimis, berdoa dan berhadap, semoga dengan menjadi situs warisan dunia, juga bisa membantu kita kembali ke masa kejayaan Kebun Raya Bogor dahulu."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait