Australia Waspadai Pendatang Dari Indonesia Soal Corona, Kemenkes 'Santuy'
Nur Photo/Getty Images
Nasional

Pemerintah Australia telah memberikan peringatan bagi warganya untuk mewaspadai pendatang-pendatang dari Indonesia. Begini respons 'santuy' dari Kementerian Kesehatan.

WowKeren - Wabah virus corona (Covid-19) saat ini begitu mengguncang dunia setelah dilaporkan menewaskan lebih dari 2.000 orang. Virus mematikan ini diketahui pertama kali muncul di pasar ikan dan hewan Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok yang sekarang sudah mulai menyebar ke banyak negara.

Sejumlah negara telah memberlakukan berbagai kebijakan terkait mencegah penyebaran virus corona, salah satunya adalah Australia. Departemen Kesehatan negara bagian Victoria telah mengeluarkan peringatan bagi warganya untuk mewaspadai pendatang-pendatang dari luar negeri pada Sabtu (15/2) lalu.

Dilansir dari ABC, pendatang-pendatang yang harus menjalani pengetesan klinis berasal dari Hong Kong, Jepang, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Pendatang dari negara-negara tersebut telah dikategorikan oleh Australia sebagai people under observation.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia hanya santai saja menanggapi peringatan Australia tersebut. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto mengaku tidak keberatan jika Indonesia tidak dicurigai.


Achmad mengatakan jika saat ini Indonesia memang belum benar-benar memiliki satupun kasus virus corona. Oleh sebab itu, kecurigaan Australia dianggapnya bukan suatu hal yang penting untuk diperhatikan.

"Iya kalau soal itu karena mereka nggak percaya sama kita kan," tegas Achmad saat ditemui di Lantai 5, Jiexpo International, Jakarta Pusat pada Rabu (18/2). "Iya enggak apa-apa, mengatakan mereka dicurigai karena nggak yakin gapapa, silahkan saja bagi saya nggak ada ruginya dicurigai."

Seperti yang diketahui, sejumlah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura telah terkena virus corona. Namun Indonesia justru menyatakan masih bebas dari wabah ini. Belum adanya virus corona yang masuk ke Tanah Air sempat membuat WHO serta sejumlah ahli kesehatan mencurigai jika Indonesia tidak bisa mendeteksi virus corona.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sendiri membantah berbagai tudingan yang menyebutkan Indonesia tidak bisa mendeteksi virus corona. Ia menegaskan jika Indonesia telah memiliki alat untuk mendeteksi virus mematikan asal Tiongkok tersebut dengan cepat.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait