Wudhu Bisa Mencegah Terinfeksi Virus Corona, Ini Faktanya
Nasional

Netizen yang berasal dari Indonesia beberapa waktu lalu sempat menyebutkan bahwa berwudhu bisa menghindarkan diri terinfeksi dari virus corona. Apa benar seperti itu?

WowKeren - Wabah virus corona (COVID-19) masih menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat di seluruh penjuru dunia. Pasalnya, hingga saat ini virus yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok itu telah menginfeksi 30 negara di dunia.

Meski begitu, beberapa waktu lalu netizen asal Indonesia menyebutkan jika virus corona tersebut bisa dicegah. Terutama untuk para umat muslim dengan cara berwudhu.

Lantas, apakah pernyataan netizen tersebut benar adanya? Bagaimana pendapat ahli kesehatan terkait pendapat para netizen tersebut?

Menanggapi spekulasi para netizen tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan tanggapan berikut. Menurut Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, kegiatan berwudhu yang melibatkan proses yang baik dalam membasuh tangan dan sebagian anggota tubuh lainnya memang bisa membantu membersihkan diri dari berbagai hal yang ada di sejumlah bagian tubuh.


Berwudhu diakui Daeng adalah cara yang baik untuk menggelontorkan kuman atau bakteri yang ada di tangan dan bagian tubuh yang dibasuh, tetapi tidak secara spesifik membunuh virus. Namun, sejumlah langkah preventif juga harus dilakukan agar terhindar dari paparan virus seperti menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Tidak spesifik virus, (tetapi juga) hal-hal lain yang menempel di badan yang terbasuh,” tegasnya. “(Peran berwudhu) hanya membantu (mencegah), karena guyuran air bersih membantu menggelontorkan apa saja yang menempel di anggota badan.”

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, DR. Dr. Agus Dwi Susanto Sp. P(K), FISR, FAPSR juga sempat menjelaskan bahwa tangan merupakan media penularan infeksi yang paling sering dijumpai.

“Misalnya naik bajaj atau transportasi umum lain harus pegangan, atau ketika batuk dan pilek, virusnya akan menempel di tangan," paparnya. "Maka dari itu kebersihan tangan menjadi penting."

Karena itu, cara terbaik membersihkan tangan adalah tetap menggunakan air yang mengalir dan pakai sabun antiseptik. Setelah tangan dicuci bersih, upayakan agar tangan tidak menyentuh wajah agar tidak menjadi media penularan virus atau bakteri ke tubuh.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru