PLN Punya Bisnis Internet Saingi IndiHome, Begini Tanggapan Telkom
Nasional

VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo, mengatakan pihaknya akan menambah luas daerah cakupan dan merambah ke segmen lain untuk menarik lebih banyak pelanggan.

WowKeren - Akses internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang, terutama di era digital seperti sekarang ini. Tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia, jutaan penduduk di negeri ini membutuhkan akses internet untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

PT Telkom Indonesia dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan internet di negeri ini. Namun, siapa sangka jika Telkom bukan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berkutat di jasa yang sama?

Ada satu lagi perusahaan BUMN yang juga menyediakan layanan serupa. Adalah PT PLN dengan produknya Stroomnet yang juga menyediakan layanan internet untuk jutaan masyarakat di negeri ini. Stroomnet merupakan produk dari anak perusahaan PLN yang bernama Icon+.

Dengan menyediakan layanan yang sama, artinya kedua perusahaan ini saling bersaing di pasar. Terkait hal ini, pihak Telkom ikut memberikan tanggapan. VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo, mengatakan bahwa sejatinya PLN hadir untuk memenuhi kebutuhan yang ada.


Ia kemudian menjabarkan jumlah pelanggannya. Menurutnya, jika dihitung secara kasar, di Indonesia masih ada banyak penduduk yang belum bisa terpenuhi kebutuhan internetnya.

"Kalau kami lihat dari 250 juta penduduk, kemudian kasarannya mungkin ada 90 juta household (kepala keluarga), pelanggan IndiHome (di 2019) baru 7 juta," kata Arif di Jakarta, Senin (24/2). "Berarti demand-nya masih banyak yang belum terpenuhi."

Dengan demikian, Arif melihat bahwa baik Telkom maupun PLN akan bersama-sama berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan internet. "Kami sama-sama menuju ke sana (memenuhi permintaan), supaya semua masyarakat bisa mendapatkan akses informasi yang sama," imbuhnya.

Lebih jauh, ia menyebut IndiHome akan memperluas cakupan wilayahnya dalam menyediakan layanan internet, mengingat masih banyak daerah lain yang belum terpenuhi akses internetnya. Tak hanya itu, Telkom juga akan berupaya merambah ke segmen lain untuk menarik lebih banyak pelanggan.

"Kami yakin bahwa layanan yang bagus akan jadi pilihan bagi masyarakat," kata Arif. "Jadi kami berupaya untuk melakukan ekspansi seluas-luasnya, kemudian dari segmennya melakukan ekspansi juga."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait