Buruh Hamil Dieksploitasi, Seruan Mogok Makan Es Krim Aice Menggema
Nasional

Hal itu diketahui dari cuitan seorang Asisten advokat Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Jakarta bernama Sarinah yang merinci serentetan perlakuan kejam perusahaan terhadap karyawannya.

WowKeren - Aice menjadi merek es krim yang mulai banyak digandrungi meskipun boleh dibilang masih cukup baru di pasaran. Rasa yang lezat dan tentu saja harga yang murah menjadi alasan kenapa es krim ini banyak disuka.

Namun, siapa sangka jika dibalik harga murah tersebut tak lepas dari derita para buruh yang bekerja di perusahaan PT Alpen Food Industry tersebut? Belum lama ini jagad media sosial ramai dengan seruan memboikot produk es krim Aice.

Hal itu diketahui dari cuitan seorang Asisten advokat Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Jakarta bernama Sarinah. Lewat cuitan di Twitter miliknya, ia merinci serentetan perlakuan tidak adil perusahaan terhadap para pekerjanya.

"Saat ini buruh AICE sedang melakukan mogok kerja, perusahaan menggantikan mereka dengan buruh baru," tulis Sarinah di Twitter, Rabu (26/2). "Sebagai dukungan kami juga akan melakukan mogok makan es krim AICE dan memboikot es krim AICE."


Eksploitasi yang dilakukan oleh perusahaan berbuntut pada munculnya 20 kasus keguguran maupun kematian bayi yang baru lahir, yang menimpa buruh perempuan AICE. Hal tersebut berkaitan dengan kerja di bawah kondisi upah yang murah, kecepatan kerja dan target yang tinggi, tak terkecuali pada buruh perempuan hamil yang masih harus bekerja saat malam hari.

"Bayangkan saja dalam satu tahun terjadi 20 kasus keguguran maupun kematian bayi baru lahir yang menimpa buruh perempuan AICE," lanjut Sarinah. "Hal ini berkaitan erat dengan kerja di bawah kondisi upah murah, kecepatan kerja dan target tinggi, buruh perempuan hamil masih diharuskan kerja malam hari, amonia dan kimia yang menyengat, buangan limbah yang tidak layak."

Tak pelak cuitan ini menuai reaksi dari penghuni jagad Twitter. Banyak mereka yang menyesalkan karena di balik murahnya harga es krim tersimpan derita para pegawainya.

Keseriusan dalam menuntut hak pekerja ini pun terbukti dengan dilaporkannya Alpen Food Industry ke Polda Metro Jaya. Sarinah sebagai tim kuasa hukum Buruh Aice juga berencana mengadukan persoalan ini ke Kementerian Ketenagakerjaan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait