Pemerintah Siapkan Larangan Mudik Kendaraan Pribadi di Tengah Wabah Corona
Nasional

Salah satu skema yang akan diberlakukan pemerintah jika memang akan melarang kegiatan mudik lebaran nantinya adalah melakukan penyekatan terhadap kendaraan dari Jakarta.

WowKeren - Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah skema untuk melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik menjelang lebaran. Tak terkecuali bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halaman di tengah merebaknya wabah corona atau COVID-19.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan jika salah satu kemungkinan skema yang akan dijalankan adalah membuat sekat agar kendaraan pribadi tak bisa keluar dari Jakarta. Namun, hal itu masih akan menunggu hasil rapat dengan pemerintah pusat.

"Sama juga, nanti konsekuensi, kalau memang pemerintah Pak...hasil keputusan rapat terbatas dilarang ya mungkin nanti dari TNI-Polri sama mungkin kita Kementerian Perhubungan pasti akan membuat sekat," kata Budi dilansir Detik, Jumat (27/3). "Untuk mobil keluar dari Jakarta tidak boleh."

Nantinya jika memang sudah ada keputusan dari pemerintah yang melarang warga mudik, maka Kemenhub telah menyiapkan titik sekatnya, yakni jalan yang mengarah ke Merak, Bogor, dan Bekasi.


Selain menyekat kendaraan pribadi, ada skema lain yang juga mungkin diterapkan oleh pemerintah. Misalnya mengurangi angkutan umum untuk mudik maupun penutupan jalur tol bagi yang mudik.

"Tapi sementara kan ini kita belum...ya kita antisipasi menyiapkan beberapa skema. Skema yang normal biasa business as usual seperti sekarang ini kan pasti enggak mungkin lagi," terang Budi. "Kemudian mungkin skema pengurangan angkutan umum bisa juga, kendaraan pribadi tetap. Atau mungkin jalan tol tidak dilalui.

Namun, untuk sementara ini masih belum ada keputusan pasti mengenai hal itu sebab pihaknya masih menunggu hasil rapat terbatas. "Berbagai macam skema nanti kami siapkan, berapa ini, berapa ini, tapi nanti tergantung keputusan rapat terbatas kan kami hanya pelaksana saja," imbuh Budi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyambut baik langkah pemerintah yang berniat menunda mudik massal. Sebab menurutnya, langkah itu bisa mencegah penyebaran wabah corona atau COVID-19.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait