Siap Beroperasi Pekan Depan, Cepatnya Pembangunan RS Corona di Batam Tuai Pujian
Nasional

Presiden Joko Widodo menegaskan RS Darurat Corona di Pulau Galang, Batam harus siap dioperasikan pada Senin (6/4) pekan depan. Proyek ini sendiri sempat molor selama beberapa hari dari target awal.

WowKeren - Indonesia melakukan berbagai upaya untuk bisa mengatasi wabah virus Corona. Salah satu upayanya dengan membangun rumah sakit darurat untuk penanganan virus Corona dan penyakit infeksius lain di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Sayangnya ada "cacat" sedikit dalam pembangunan ini. Sebab RS darurat ini ditarget selesai pada Sabtu (28/3) pekan lalu, meski kenyataannya sampai sekarang fasilitas kesehatan itu belum jadi.

Kendati demikian, pemerintah menegaskan RS darurat ini akan siap beroperasi pada pekan depan, tepatnya pada Senin (6/4). Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo usai meninjau kesiapan fasilitas kesehatan itu pada Rabu (1/4) kemarin.

Namun Jokowi mengklarifikasi molornya pembangunan akibat adanya beberapa gedung yang sampai sekarang masih tahap finishing. Pasalnya ada beberapa bahan baku dari Jakarta yang terlambat sampai ke Batam menyusul tak menentunya faktor cuaca beberapa waktu belakangan.

"Dari hasil konfirmasi kepada teman-teman di lapangan, keterlambatan ini karena terlambatnya bahan baku yang dikirim dari Jakarta menuju ke Batam," ujar Jokowi, dilansir dari Kompas, Kamis (2/4). "Sebab pengiriman sebagian barang menggunakan kapal laut."

Jokowi memastikan pihaknya siap memberikan target baru yang wajib dipenuhi oleh penyelenggara. "Saya kasih batas hingga Senin depan, RS Darurat Corona ini sudah bisa dioperasikan," tegas Jokowi.


Nyatanya pembangunan fasilitas kesehatan di pulau tak berpenghuni ini begitu cepat. Hal ini terungkap dari video time-lapse dari PT Wijaya Karya selaku penyelenggara pembangunan. Dari video itu terlihat pembangunan kilat di bawah komando Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut hanya diselesaikan dalam waktu delapan hari!

Twitter/zoelfick

"Nggak cuma China, negara kita juga bisa ngebut," cuit @zoelfick sebagai pengunggah video. Ia membandingkan kilatnya pembangunan fasilitas ini dengan pembangunan serupa di Tiongkok yang hanya diselesaikan dalam tempo singkat.

Tak pelak cuitan @zoelfick ini langsung menuai beragam respons positif dari warganet. Mereka kompak memuji dan merasa optimis dengan kesungguhan Indonesia untuk bisa mengalahkan wabah virus Corona.

"Ini baru namanya mental pemenang yang siap bersaing dengan cina. Belajar dari keunggulannya. Kalo para pecundang cuma bisa menyinyiri keunggulan cina di atas kesalahan mereka sendiri," cuit @shi******45.

"Siapa dulu dong Jendral Konstruksinya .. Salut Pak Bas .. Anda memang Bapak Percepatan Pembangunan," ujar @Ant******us. "Apapun yg terjadi negara kita udah berusahaaaaaaaa jadi kita dukung sama apresiasi. Bantu juga dengan menjaga diri sendiri," imbuh @ay*****ka.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait