162.416 Buruh di PHK Imbas Corona, Pemprov DKI Usahakan Beri Kartu Pra Kerja
Nasional

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi terdapat 162.417 pekerja atau buruh yang terdampak wabah corona di DKI Jakarta. Pemprov DKI pun mengusahakan mereka untuk mendapatkan kartu pra-kerja dari Presiden Jokowi.

WowKeren - Pandemi virus corona (Covid-19) tidak hanya mempengaruhi kesehatan masyarakat namun juga turut berdampak ke sektor ekonomi. Tak sedikit dari para pekerja yang harus menghadapi ancaman kehilangan pekerjaan (PHK).

Kekinian Pemprov DKI melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi menyebutkan ada 162.417 pekerja atau buruh yang terkena dampak dari wabah virus corona. Sebagian dari mereka ada yang dirumahkan.

Kepala Disnakertrans DKI Andri Yansyah mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan data yang dikumpulkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). "Sudah dilaporkan terakhir tanggal 4 kemarin," ucap Andri, Senin (6/4).

Data hasil pelaporan ini nantinya akan diberikan ke Kemnaker untuk diproses dalam pemberian bantuan insentif. Kemudian mereka akan diberikan bantuan, salah satunya Kartu Pra Kerja.


"Program tersebut adalah program pemerintah pusat, dan data tersebut permintaan dari Kemnaker," jelasnya. "Sudah saya kirimkan ke Kemnaker, dinas tinggal tunggu eksekusi saja dari kementerian (untuk pemberian bantuan)."

Meski begitu, Andri juga belum mengungkapkan teknis pemberian Kartu Pra Kerja dan subsidi kepada pekerja yang telah mendaftar. Pelaporan pekerja yang terimbas kebijakan penanggulangan virus corona oleh Disnakertrans DKI ini dibuka sejak Jumat (3/4) dan ditutup Sabtu (4/4).

Caranya dengan ke bit.lypendataanpekerjaterdampakcovid19 atau bisa mengirim e-mail ke [email protected] dengan terlebih dahulu mengunduh formulir pendataan diri di bit.ly/formulirkartuprakerja.

Para korban PHK ini nantinya diharapkan untuk mendapatkan bantuan berupa Kartu Pra Kerja, sehingga tetap dapat subsidi dari pemerintah sebagai kompensasi. Pasalnya, dalam situasi krisis seperti ini banyak perusahaan yang melakukan PHK.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru