Pendaftaran Dibuka Pekan Ini, Kuota Kartu Pra Kerja Dibatasi Tiap Minggu
Nasional

Kuota Kartu Pra Kerja Program Jokowi akan dibatasi untuk setiap minggunya. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono.

WowKeren - Salah satu program kerja Presiden Joko Widodo alias Jokowi, kartu Pra Kerja, siap meluncur pekan ini. Pemerintah menargetkan untuk memberikan program ini ke 5,6 juta penduduk.

Namun, satu hal yang perlu diingat bagi mereka yang hendak mendaftar ke program ini adalah kuota. Kuota Kartu Pra Kerja akan dibatasi untuk setiap minggunya. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono.

Tak hanya itu, jumlahnya juga akan diatur secara proporsional untuk masing-masing wilayah di Indonesia. "Akan diatur kuota per minggu dan secara proporsional untuk tiap daerah," kata dilansir Detik, Selasa (7/4).

Dengan menargetkan sebanyak 5,6 juta peserta menerima program ini, pemerintah menambah anggaran menjadi Rp 20 triliun. Setiap minggunya, akan ada sekitar 164.872 yang bisa mendaftar program ini.


Terkait siapa saja yang berhak mengikuti program ini, adalah mereka yang mengalami pengurangan penghasilan atau bahkan yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19 di Indonesia. Dengan memberikan program ini, pemerintah berharap bisa menjaga daya beli masyarakat di tengah ancaman corona. Selain itu juga mengurangi beban biaya hidup dan membantu pelaku usaha yang terdampak virus ini.

Untuk menghindari agar tidak terjadi kedobelan data, pemerintah akan mengumpulkan data dari semua sumber. "Data kita kumpulkan dari semua sumber. Nanti akan di-validasi dengan berbasis data NIK dari Dukcapil, supaya tidak ada duplikasi dan tidak dobel," jelasnya.

Dilansir dari Kompas, Selasa (7/4) manfaat yang bisa diterima oleh tiap peserta total sebesar Rp 3.550.000. Nominal ini dibagi yakni berupa bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif pasca pelatihan senilai Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Selain itu, peserta Kartu Pra Kerja juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50 ribu per survei untuk 3 kali survei. Survei ini sendiri diisi setelah peserta menyelesaikan program pelatihannya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru