Begini Cara Lihat Pengumuman Hasil SNMPTN 2020 Mulai Hari Ini
Nasional

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 dapat mulai diakses pukul 13.00 WIB hari ini, begini cara melihatnya.

WowKeren - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan segera diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Hasil SNMPTN 2020 akan keluar pada hari ini Rabu (8/4) pada pukul 13.00 WIB.

Dilansir Kompas, SNMPTN 2020 ini telah diikuti lebih dari 500.000 pelajar di seluruh Indonesia. Nantinya, hanya sebanyak 22 persen saja atau selitar 110.000 siswa yang bisa lolos dan diterima di PTN tempat mereka mendaftar.

Pengumuman hasil SNMPTN ini sendiri sempat ditunda oleh pemerintah. Awalnya, pengumuman akan dikeluarkan pada tanggal 4 April 2020. Namun, pemerintah akhirnya mengundur hasil pengumuman pada tanggal 8 April 2020.

Cara melihat pengumuman hasil SNMPTN sendiri cukup sederhana. Pelajar yang mendaftar diminta untuk mengakses laman resmi milik LTMPT yaitu https://pengumuman.snmptn.ac.id/

Setelah mengakses laman itu, pelajar diminta untuk memasukkan nomor pendaftaran LTMPT atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selanjutnya, cukup klik tombol hasil dan pengumuman masuk tidaknya siswa tersebut akan muncul.

Jika pelajar masih tidak lolos, jangan berkecil hati. Pasalnya, pelajar tersebut masih bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020.


Untuk mengikuti SBMPTN, pelajar mesti mengikuti pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran UTBK sendiri telah ditunda akibat pandemi virus corona, dari yang sebelumnya akan diadakan Maret 2020 akan dibuka mulai Juni 2020.

Pendaftaran UTBK dan SBMTPTN akan dimulai dari 2-20 Juni 2020. Selanjutnya pelaksanaan UTBK akan dilakukan pada 5-12 Juni 2020. Sementara untuk hasil pengumuman SBMPTN bisa diakses mulai 25 Juli 2020 mendatang.

Selain jadwal, sejumlah perubahan juga dilakukan pemerintah melalui Surat Edaran Tim Pelaksanaan LTMPT Nomor 11 /SE.LTMPT/2020 Tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Berikut perubahannya:

1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).

2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.

3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.

4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK, memilih PTN, dan program Studi tujuan.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait