Ratusan Daerah di Indonesia Masih Bebas Corona, Doni Monardo Ungkap Fakta Menarik Ini
Nasional

Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona, Doni Monardo, menyampaikan bahwa masih ada 124 kabupaten dan kota yang belum melaporkan adanya kasus positif COVID-19.

WowKeren - Virus corona (COVID-19) diketahui telah menyebar ke seluruh 34 provinsi di Indonesia. Meski demikian, tidak semua kabupaten/kota memiliki kasus positif COVID-19.

Menurut Gugus Tugas Penanganan Virus Corona, terdapat 124 kabupaten/kota yang bebas kasus COVID-19 di Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona, Doni Monardo, setelah mengikuti rapat terbatas (ratas) virtual pada Rabu (20/5).

"Dari data-data yang telah kami kumpulkan, terdapat 124 kab/kota yang sampai hari ini tidak ada laporan adanya kasus terkonfirmasi positif," tutur Doni. "Namun dalam beberapa hari ke depan, Gugus Tugas tentu akan memonitor melalui laporan dari gugus tugas provinsi kab/kota, apakah ada tambahan kasus atau tidak."

Beberapa daerah yang belum melaporkan adanya kasus positif COVID-19 di antaranya adalah 14 daerah di Aceh, 1 di Banten, 1 di Bengkulu, 1 di Gorontalo, 1 di Jambi, 1 di Jawa Barat, 1 di Jawa Tengah, 1 di Kalimantan Barat, 1 di Kalimantan Tengah, 1 di Kalimantan Timur, 1 di Babel, 4 di Riau, 5 di Lampung, 6 di Maluku, 5 di Maluku Utara, 15 di Nusa Tenggara Timur (NTT), 18 di Papua, 6 di Papua Barat, 2 di Riau, 1 di Sulawesi Barat, 1 di Sulawesi Selatan, 3 di Sulawesi Tengah, 5 di Sulawesi Tenggara, 5 di Sulawesi Utara, 2 di Sumatera Barat, 5 di Sumatera Selatan, dan 16 di Sumatera Utara.


Doni lantas mengungkap fakta menarik terkait daerah-daerah yang masih dinyatakan bebas virus corona ini. "24 kab/kota ini berada di kepulauan," ujar Doni.

Menurut Doni data ini menarik karena ini berarti kabupaten atau kota yang berada di kepulauan cukup aman dari penyebaran virus corona. Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menilai bahwa hal tersebut harus dipertahankan dan diperketat.

"Artinya secara geografis mereka bisa terjamin keamanannya apabila bisa melakukan kontrol," pungkas Doni. "Dan pengawasan yang lebih ketat."

Di sisi lain, Indonesia kembali mencatatkan lonjakan kasus harian positif Corona. Tercatat dalam rentang 24 jam terakhir, yakni hingga Rabu (20/5) pukul 12.00 WIB, ada 693 kasus positif COVID-19, sehingga total pasien kini menembus 19.189 orang.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait