Rusia Diam-Diam Bangun Jet Tempur Siluman Di Tengah Pandemi Corona, Saingi Amerika Serikat?
Dunia

Disebut PAK DA, jet tempur siluman pertama Rusia ini sedang dalam proses pembangunan. Meski pandemi Corona masih mengancam di Rusia, rupanya tak membuat mereka gentar membuat jet tempur.

WowKeren - Rusia diam-diam mengembangkan jet tempur siluman pertama di tengah pandemi Corona. Disebut PAK DA, jet tempur bomber siluman Rusia tersebut akan menantang Amerika Serikat di kelas tempur udara penghindar radar.

Dilansir dari Kumparan, sejauh ini tidak ada pernyataan resmi dari Rusia soal proyek PAK DA tersebut. Namun, kantor berita Rusia, TASS, mendapat informasi dari sumber dalam militer yang menyebut proyek tersebut telah dimulai.


Sumber tersebut mengatakan rancangan PAK DA telah selesai secara keseluruhan, termasuk bahan-bahan baku yang sudah dipesan. Untuk badan pesawat jet tempur tersebut akan diproduksi oleh perusahaan pertahanan Rusia, United Aircraft Corporation (UAC).

Bahkan sumber lain menyebut pembuatan kokpit pesawat sudah dimulai. "Perancangan akhir seluruh mesin ini akan selesai pada 2021," ujar sumber kepada TASS.

Diketahui hingga kini virus Corona telah menginfeksi 362.342 warga Rusia dan menewaskan 3.807 lainnya. Namun hal tersebut tidak menghalangi dimulainya proyek PAK DA yang membuktikan Kremlin masih berada di perlombaan senjata dunia.

Soal proyek PAK DA tersebut, Biro Desain Tupelov yang bertugas merancangnya, menolak untuk berkomentar. Kantor berita Prancis,AFP yang mencoba mengkonfirmasi ke UAC juga tutup mulut.

Tidak banyak detail PAK DA yang diungkap kecuali beberapa foto dan video yang beredar di YouTube. PAK DA diperkirakan mempunyai rentang sayap mirip seperti jet tempur siluman AS.

Sementara itu, mesin PAK DA menggunakan material dan teknologi yang memungkinkan untuk menghindari deteksi radar. Pesawat dengan kecepatan subsonic tersebut mampu membawa rudal, bom presisi dan senjata hypersonic.

PAK DA sendiri akan bersaing dengan jet tempur siluman Amerika Serikat B-2 yang telah mengudara sejak 1997. Tiongkok juga tak ingin ketinggalan, saat ini tengah mengembangkan jet tempur siluman Xian H-20.

Untuk diketahui, Rusia sebenarnya telah mengembangkan sendiri jet tempur siluman mereka, Sukhoi-57. Namun pertama kali diuji coba pada tahun 2010 lalu, Sukhoi-57 hingga saat ini belum diproduksi secara massal.

(wk/tria)

You can share this post!

Related Posts