New Normal Taman Hiburan di Jepang: Tak Boleh Teriak Saat Naik Roller Coaster
Dunia
Skenario New Normal COVID-19

Sekelompok pengelola taman hiburan di Jepang telah merilis pedoman bersama tentang cara beroperasi yang aman di masa pandemi corona. Salah satunya mengatur tentang pengunjung yang menaiki wahana ekstrem.

WowKeren - Pandemi corona (COVID-19) yang masih melanda membuat masyarakat harus hidup beradaptasi. Di Jepang misalnya, sejumlah aturan new normal diterapkan di sejumlah taman hiburan selama pandemi corona.

Sekelompok pengelola taman hiburan di Jepang telah merilis pedoman bersama tentang cara beroperasi yang aman di masa pandemi. Salah satu rekomendasinya adalah para pengunjung yang menaiki roller coaster atau wahana ekstrem lainnya diminta untuk mengenakan masker dan "menahan diri untuk tidak berteriak".


Selain itu, "hantu" yang ada di wahana Rumah Hantu juga harus menjaga jarak dari pengunjung. Staf taman hiburan yang berperan sebagai maskot juga tidak boleh berjabat tangan atau melakukan tos dengan para pengunjung.

Kemudian, para staf yang berperan sebagai superhero di panggung taman hiburan juga diminta untuk beraksi secara minimal. Hal ini dilakukan supaya para pengunjung tidak berteriak dan mencegah droplet yang mungkin mengandung virus corona berterbangan di udara.

Wahana realitas virtual (VR) juga tidak boleh beroperasi kecuali jika setiap kacamata khusus yang digunakan di wahana tersebut bisa dibersihkan sepenuhnya. Penjual di taman hiburan juga diminta untuk tidak memberikan mainan atau sampel makanan kepada para pengunjung.

"Pedoman ini memang tidak akan membuat tingkat infeksi menjadi nol," ujar operator taman hiburan Jepang, dilansir AFP pada Kamis (28/5). "Tetapi akan mengurangi risiko infeksi."

Adapun taman hiburan yang paling terkenal di Jepang, yakni Tokyo Disneyland dan Universal Studios di kota barat Osaka, tetap tutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Adapun Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah resmi mencabut status darurat nasional pandemi virus corona pada Senin (25/5) kemarin. Pengumuman tersebut disampaikan oleh PM Abe melalui saluran televisi nasional.

Warga serta bisnis di Jepang didesak untuk beradaptasi dengan new normal di era pandemi corona. Termasuk terus memakai masker dan menjaga jarak sosial jika memungkinkan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts