Film Gagal Tayang, Irwansyah Ngaku Rugi Ratusan Juta Rupiah
Instagram/irwansyah_15
Selebriti

Irwansyah belum lama ini ikut terseret kasus pencucian uang, Tubagus Chaeri Wardana. Karena kasus tersebut, Irwansyah mengaku mengalami kerugian sampai ratusan juta rupiah.

WowKeren - Aktor Irwansyah mengaku mengalami kerugian ratusan juta rupiah dari kerja sama produksi film dengan tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Tubagus Chaeri Wardana atau yang akrab disapa Wawan. Produksi film pun terpaksa dibatalkan karena kasus tersebut.

"(Kerugian total) waktu itu bayaran saya berapa ya, ya ratusan kali ya, ratusan juta," kata Irwansyah di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat pada Kamis (28/5) dilansir dari Kumparan. "Ya maksudnya saya di situ juga sebagai pemain (aktor film) juga, produser juga. Jadi double bayarannya."


Permasalahan tersebut berawal saat Irwansyah mengajak Wawan untuk membuat film sekitar tahun 2012. Kala itu, Irwansyah mengenal Wawan sebagai seorang pengusaha. Irwansyah juga mengaku mengenal Wawan dari manajer penyanyi Rebecca Reijman yang bernama Desi.

"Nah, karena saya tahu Pak Wawan sebagai pebisnis, makanya saya tawari, 'ini saya mau bikin film, mau bergabung enggak?'," cerita Irwansyah. Kata dia, 'boleh'."

Wawan pun memberikan saham kepada Irwansyah sebesar 15 persen untuk rumah produksi yang dibuatnya, yakni PT Andhika Cipta Pratama. Dalam rumah produksi itu, Wawan bertindak sebagai komisaris, sedangkan Irwansyah adalah produser.

"Tapi dia ngajak bikin perusahaan, 'kita bikin perusahaan aja Wan, di luar perusahaan kamu yang sudah ada'. Akhirnya saya buat perusahaan itu," ucap Irwansyah. "Deal-nya hanya itu, Mas Wawan sebagai komisaris dan managering perusahaan dipegang oleh Mas Wawan dan timnya gitu, soal produksi di lapangan itu saya."

Namun, karena Wawan tersandung kasus TPPU, Irwansyah tidak bisa melanjutkan proses pembuatan film. "Sudah (berjalan) 70 sampai 80 persenlah. Kalau semua (artis dan kru), alhamdulillah, semua sudah dibayar semua. Saya belum," ujar Irwansyah.

Suami Zaskia Sungkar ini juga mengaku mulai bekerja di rumah produksi tersebut pada Mei hingga Agustus 2013. Selama dua bulan, ia bersusah payah menjalani profesinya sebagai produser.

"Nah, baru dua bulan itu saya bekerja ya, alhamdulillah, belum dibayar juga gitu. Jerih payah saya belum dibayar dan saya sebagai artis pun juga belum dibayar. Tapi kasus pak Wawan sudah ada ya, jadi sudah stop," jelas Irwansyah. "Jadi, saya sudah menjalani itu dan apabila filmnya belum selesai, belum tuntas (tayang), ya, saya belum diuntungkan gitu."

"Rugi waktu iya, rugi tenaga iya, lebih dari dua bulan itu saya kerja kan," pungkas Irwansyah. "Saya merekrut tim, merekrut kru-krunya juga, artisnya, ya tugas produser lah. Jadi saya sudah menjalani itu."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts