Birthday Spotlight: Happy Hyuna Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu penyanyi solo cantik, Hyuna yang berulang tahun pada hari ini, 6 Juni. Penyanyi cantik itu berusia 28 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren -

Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu penyanyi solo dan mantan member girl grup, Hyuna yang berulang tahun pada hari ini, 6 Juni. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik ini.

Kim Hyuna atau yang akrab dipanggil Hyuna adalah penyanyi sekaligus rapper. Hyuna kini menjalani karirnya sebagai penyanyi solo. Namun, sebelumnya kekasih dari E'Dawn (DAWN) ini telah menitih karir dengan bergabung dengan 2 girl grup papan atas yakni Wonder Girls dan 4Minute.

Hyuna kini menjadi salah satu penyanyi solo yang paling sukses. Bukan tanpa alasan, cewek kelahiran tahun 1992 ini sudah malang melintang di berbagai acara musik dan bahkan mendapatkan banyak penghargaan. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra Debut


Pra Debut

Hyuna lahir pada 6 Juni 1992 di Seoul, Korea Selatan. Hyuna lulus dari Konkuk University, dalam Seni Kontemporer, dan menerima masuk khusus ke sekolah. Pada tahun 2006, ia diungkap sebagai anggota girl grup yang dikelola oleh JYP Entertainment bernama Wonder Girls sebagai rapper utama grup tersebut.

Hyuna berpartisipasi dalam mini album debut grup "The Wonder Begins" yang dirilis pada Februari 2007. Dia berpartisipasi dalam acara televisi grup "MTV Wonder Girls" selama dua musim, dan menjadi MC bersama dengan rekan grupnya Sohee dan penyanyi Fly to the Sky Brian Joo di "Show! Music Core" dari 12 Mei hingga 30 Juni 2007.

Hyuna meninggalkan Wonder Girls pada bulan Juli 2007, ketika dia dipindahkan oleh orang tuanya karena kekhawatiran mereka terhadap kesehatannya, terutama gastroenteritis kronis. Ia kemudian tak berkegiatan sebagai artis hingga kesehatannya pulih.

2. Debut


Debut

Usai mennggalkan Wonder Girls, pada 2008 terungkap bahwa Hyuna bergabung dengan Cube Entertainment. Pada Mei 2009, diumumkan bahwa Hyuna akan debut sebagai bagian dari girl grup 4Minute. Grup ini memulai debutnya dengan single "Hot Issue" pada 15 Juni

4Minuter akhirnya merilis satu album Jepang, "Diamond" (2010), satu album penuh Korea "4Minutes Left" (2011), tujuh EP Korea, dan beberapa single. Grup ini menerima beberapa penghargaan besar, termasuk Rookie Award pada Golden Disc Awards 2009, K-pop New Artist Award di Billboard Japan Music Awards 2010, dan Bonsang Award pada 2011, 2012, dan Seoul Music Awards 2014.

Pada 2010, Hyuna memulai karir solo dengan gaya yang ia gambarkan sebagai "musik yang berorientasi pada performance". Single debutnya "Change" berada di urutan kedua di Gaon Digital Chart Korea Selatan. Pada tahun 2011, Hyuna mendapatkan pengakuan publik yang lebih luas dengan merilis lagu pertamanya yang berjudul "Bubble Pop!".

Namun usai menitih karir yang sukses, 4Minute akhirnya memutuskan bubar pada 2016 lalu. Hyuna kini aktif menjadi penyanyi solo di bawah naungan agensi barunya yakni P-Nation dan berhasil merilis single solo bertajuk "Flower Showe" pada 2019 lalu.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Pada 2011, Hyuna muncul dalam versi Korea "Dancing with the Stars". Acara ini mulai disiarkan pada 10 Juni. Pada tahun yang sama, ia merilis mini album pertamanya "Bubble Pop", yang menampilkan lima lagu baru termasuk judul lagu dengan nama yang sama. Single ini sukses secara global, dan tampil di puncak tangga lagu YouTube "paling banyak ditonton hari ini" setelah mendapatkan satu juta tampilan dalam dua hari.

Ini akhirnya menjadi video musik pertama oleh artis K-pop yang melampaui 100 juta tampilan. Hyuna berada di peringkat ke-17 di Billboard "21 Under 21" yakni daftar staf yang terdiri atas tindakan-tindakan muda terkenal. Selain itu, "Bubble Pop" terdaftar sebagai tempat kesembilan di majalah Spin "Best 20 Songs of 2011" majalah Spin.

Pada 24 November 2011, Cube mengungkapkan bahwa dia akan berada di unit co-ed bernama Trouble Maker bersama Hyunseung. Mini album pertama Trouble Maker yang juga berjudu "Trouble Maker" terdiri dari lagu dansa dan balada emosional, serta lagu solo untuk Hyuna dan Hyunseung. Trouble Maker tampil untuk pertama kalinya di Mnet Asian Music Awards dan menuai perhatian banyak orang karena konsep seksi yang mereka bawakan.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sepanjang karirnya, Hyuna diketahui sering menjalani kegiatan solo dan berkolaborasi dengan artis lain. Hyuna berkolaborasi dengan Lee Ki Kwang pada lagu "2009" untuk album debutnya dan juga muncul dalam MV single "Dancing Shoes" yang dirilis pada 30 Maret 2009. Pada Agustus 13, dia menjadi rapper untuk lagu Navi "Wasteful Tears" dan dia juga muncul di video musik.

Hyuna juga berpartisipasi dalam variety show Korea Selatan "Invincible Youth". Namun, Hyuna meninggalkan pertunjukan karena beberapa konflik penjadwalan dengan promosi luar negerinya pada 11 Juni 2010.

Pada 2012, Hyuna muncul dalam video musik viral PSY untuk "Gangnam Style" yang telah dipilih secara pribadi oleh PSY selama tahap produksi awal. "Gangnam Style" menjadi video musik K-pop yang paling banyak dilihat, dan mendapat pengakuan global untuk Hyuna.

PSY kemudian merilis versi perempuan "Gangnam Style", yang dikenal sebagai "Oppa Is Just My Style" pada Agustus 2012, menampilkan vokal tambahan oleh Hyuna sendiri. Hyuna merilis mini album keduanya yang berjudul Melting pada 21 Oktober 2012 dengan judul lagu "Ice Cream". Lagu ini diproduksi oleh Brave Brothers dan merupakan upaya kolaborasi pertama antara produser dan Hyuna sebagai artis solo.

Pada tahun 2012 juga diumumkan bahwa ia akan bergabung dengan empat bintang K-pop lainnya yakni Hyorin Sistar, Hyoseong Secret, Nana After School dan Nicole Kara untuk membentuk grup proyek berjudul "Dazzling Red". Kelompok ini tampil di SBS Gayo Daejeon 2012.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sepanjang karirnya, Hyuna kerap kali tampil dengan mengusung konsep seksi. Tak heran penampilannya ini sering menjadi kontroversi karena dianggap terlalu terbuka dan tidak baik ditampilkan di publik. Netter beberapa waktu lalu mengkritik Hyuna habis-habisan karena pemilihan outfit-nya ketika tampil di acara 2019 Water Bomb Festival yang diadakan beberapa waktu lalu.

Penyanyi cantik itu terlihat memakai setelan bra sporty lengkap dengan celana pendek. Sayangnya, outfit tersebut menuai banyak kritik karena dinilai "murahan" dan tidak terlihat elegan sama sekali. Kala itu, topik ini sempat menjadi bahan perbincangan di berbagai komunitas online.

Selain itu Hyuna juga sempat menuai pro kontra saat memutuskan keluar dari Cube Entertainment. Hal ini lantaran keputusan Hyuna ini diambil pasca ia ketahuan berpacaran dengan E'Dawn yang juga merupakan member Pentagon, boy grup naungan Cube Entertainment.

Hyuna mengonfirmasi dia telah berpacaran dengan E'Dawn sejak Mei 2016 pada 3 Agustus 2018. Tak lama setelah hubungan asmaranya tersebar ke publik, Cube Entertainment mengumumkan bahwa E'Dawn akan beristirahat dari kegiatan Pentagon untuk sementara waktu (hiatus).

Tak lama kemudian diumumkan bahwa Hyuna meninggalkan Cube Entertainment, begitu pula dengan E'Dawn yang turut meninggalkan Pentagon. Keduanya kini menjadi penyanyi solo di bawah naungan agensi milik PSY, P-Nation.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Pasca meninggalkan Cube Entertainment, Hyuna jarang terlihat berpromosi. Namun, pada 2019 lalu, Hyuna akhirnya comeback dengan single terbarunya yang bertajuk "Flower Shower" yang dirilis pada 5 November lalu. Lagu tersebut merupakan rilisan pertama Hyuna sejak dirinya bergabung dengan agensi bentukan PSY, yaitu P-Nation.

Single baru Hyuna tersebut pun berhasil memuncaki Chart Global dan Chart K-Pop Songs di QQ Music yang merupakan platform streaming musik online terbesar Tiongkok. Tak hanya itu, penjualan album digitalnya pun menduduki peringkat kedua.

Lagu "Flower Shower" sendiri merupakan lagu bergenre Future Moombahton Pop Dance di mana PSY ikut menggarap dan menulis liriknya. Lagu ini menunjukkan pesona Hyuna yang enerjik dan seksi seperti bunga yang baru mekar. Namun sayangnya, usai merilis single tersebut, Hyuna masih belum memberikan tanda akan comeback.

You can share this post!

Related Posts