Ini Cara Gunakan Aplikasi PLN Untuk Cek Dan Atasi Tagihan Listrik Yang Melonjak
Nasional

Begini cara mengatasi tagihan listrik yang melonjak, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi PLN agar bisa selalu mengecek dan melakukan pengaduan penggunaan listrik.

WowKeren - Sejumlah masyarakat telah mengeluhkan tagihan listrik yang melonjak tajam di bulan Mei 2020. Berbagai keluhan ini diungkapkan masyarakat di media sosial. Salah satu pelanggan PLN bahkan membeberkan harus membayar tagihan listrik 9 kali lipat lebih mahal dari bulan lalu.

Kini, masyarakat diminta untuk mengunduh aplikasi PLN Mobile. Melalui aplikasi ini, PLN menjelaskan pelanggan bisa memeriksa penggunaan listrik dan melakukan pengaduan.

Dengan mengunduh PLN Mobile, pelanggan bisa mendapatkan informasi tagihan listrik per bulan secara rinci, mulai biaya yang harus dibayar hingga pemakaian listrik dalam kWh meter. Aplikasi ini juga akan menampilkan tagihan listrik 12 bulan terakhir.

Berikut cara mengecek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile:

1. Download aplikasi PLN Mobile secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store.

2. Setelah diinstal, jika kamu punya akun tinggal login. Jika belum mendaftar, maka pilih "Daftar" untuk membuat akun baru. Pelanggan harus mengisi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.


3. Setelah membuat akun, pilih login. Kemudian akan muncul di halaman depan aplikasi PLN Mobile.

4. Selanjutnya, pilih tab "Informasi", lalu ketuk "Informasi Tagihan dan Token Listrik".

5. Di halaman "Informasi Tagihan dan Token Listrik" tertera grafik naik-turun yang memperlihatkan pemakaian dan jumlah tagihan listrik kamu. Garis hijau menunjukkan jumlah tagihan dalam Rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.

Cara pengaduan tagihan listrik PLN

Selain informasi tagihan, pengguna aplikasi PLN Mobile juga bisa melakukan pengaduan seputar tagihan listrik. Hal ini dilakukan dengan mengisi formulir pengaduan soal tagihan listrik yang tidak wajar. Aplikasi ini terdapat fitur-fitur yang dapat dipilih pelanggan ketika ingin melakukan pengaduan.

Pelanggan dapat memilih cara pengaduan lewat berbagai cara. Diantaranya melalui chat live dengan customer service officer (CSO), menghubungi Contact Center PLN 123 tanpa melalui Voice Over Internet Protocol (VoIP) sehingga tidak dikenakan biaya, atau menelepon PLN 123 dengan jaringan GSM.

Sementara jika pelanggan ingin mengisi formulir, maka tinggal mengisi nomor IDPEL/Nomor Meter, jenis pengaduan, lokasi, deskripsi gangguan, dan foto. Pengguna aplikasi juga bisa mengirimkan foto meteran sebagai bukti.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait