Nekat Rebut Jenazah PDP Corona, 5 Warga Sulsel Kini Reaktif Rapid Test
Nasional

Sebanyak 31 warga Makassar, Sulawesi Selatan diamankan pihak kepolisian karena terlibat dalam penjemputan paksa jenazah PDP Corona di 3 RS berbeda. Kini 5 diantaranya positif hasil rapid test.

WowKeren - Bukan sekali dua kali terdengar berita soal penjemputan paksa jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) Corona di Indonesia. Salah satu daerah yang paling banyak mengalami kejadian tersebut adalah Makassar, Sulawesi Selatan.

Polisi pun bertindak cepat dan tegas terhadap para penjemput paksa ini. Tak tanggung-tanggung, sampai ada sekitar 31 orang yang ditangkap dalam operasi penertiban ini karena terlibat dalam aksi penjemputan paksa jenazah PDP Corona di 3 rumah sakit di Makassar.

Tak hanya memberi penegasan, para pelaku ini pun menjalani rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan masing-masing orang. Dan hasilnya sebanyak 5 orang kini dinyatakan positif COVID-19 hasil rapid test.

"Dari 31 yang dirapid (ikut rapid test) ada lima yang reaktif," ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo. Mereka sendiri dipaksa menjalani rapid test karena 2 dari 3 jenazah yang "direbut" itu belakangan dikonfirmasi positif terinfeksi virus Corona berdasarkan uji swab.


Kendati telah dinyatakan reaktif, proses hukum pun tetap berjalan seperti biasa. Sebab aksi ke-31 orang tersebut menimbulkan keresahan tersendiri di kalangan masyarakat.

"Yang reaktif ini akan kita isolasi dulu," tutur Ibrahim, seperti dilansir dari Kompas, Rabu (10/6). "Tapi proses hukumnya tetap berjalan."

Di sisi lain, pihak rumah sakit pun sudah memberikan klarifikasi terkait kejadian ini. Direktur RSUD Labuang Baji, Dr. Andi Mappatoba misalnya mengaku pihaknya sudah berusaha melawan namun kalah jumlah dari massa yang berusaha merebut paksa jenazah.

"Kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi menghadapi massa yang emosi, keselamatan kita terancam," ujar Andi, dilansir Detik News. "Sementara petugas keamanan juga jumlahnya sedikit, hanya ada anggota Polsek dan Koramil Mamajang."

Sementara 26 pelaku lain yang diringkus polisi terlibat dalam penjemputan paksa jenazah PDP di 2 RS berbeda. Yakni sebanyak 25 orang menjemput jenazah PDP Corona dari RS Khusus Daerah Dadi Makassar dan satu orang menjemput jenazah di RS Stella Maris.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait