Banjir Kritikan, Pendeta Indonesia di Demo George Floyd Beri Klarifikasi
Nasional

Pendeta asal Indonesia, Oscar Suryadi yang pidatonya 'menjelekkan Indonesia' menuai kecaman baru-baru ini. Oleh karena itu, ia pun memberikan klarifikasi terkait pernyataannya tersebut.

WowKeren - Pidato yang disampaikan oleh seorang pendeta asal Indonesia, Oscar Suryadi dalam demonstrasi terkait kematian George Floyd di Portland, Oregon, Amerika Serikat beberapa waktu terakhir menjadi sorotan di Tanah Air. Pasalnya, dalam pidato tersebut Oscar sempat menyinggung soal diskriminasi di Indonesia.

Tak ayal, Oscar pun mendapat kecaman dari masyarakat Indonesia. Baru-baru ini, Oscar pun memberikan klarifikasi terkait pernyataan kontroversialnya.

Ia mengatakan bahwa pidato tersebut sebenarnya tidak bermaksud untuk menjelekkan Indonesia. "Kalau mereka melihat keseluruhannya dari awal dan akhir, saya itu sebenarnya tidak menjelekkan Indonesia," katanya dalam wawancara khusus dengan Voice of America Indonesia (VoA Indonesia), Kamis (11/6).

Kepada VoA Indonesia, Oscar mengatakan pidatonya tak bermaksud menjelekkan Indonesia. Dia malah mengajak para pemrotes "untuk mempunyai satu sikap protes yang elegan" dengan menyampaikan apa yang pernah dia alami di tanah air.


"Saya mengatakan apa yang Anda alami, saya juga pernah alami. Tetapi itu dulu," ujarnya. "Mari kita bikin sesuatu yang elegan, damai. Suara kita dikemukakan, tapi jangan sampai merusak, itu intinya."

Kepada masyarakat, Oscar pun sekali lagi menegaskan bahwa dia tidak bermaksud membuat kontroversi. "Kalau kata-kata saya mengganggu, memperuncing atau mempertajam, saya sebagai hamba Tuhan tidak pernah bermaksud demikian," tuturnya.

Lebih lanjut, ia meyakini jika diskriminasi terjadi di masa saja. Namun dia menyerukan agar masyarakat tak mengedepankan perbedaan, namun merayakan kesatuan.

"Untuk masyarakat Indonesia saya lihat saat ini sudah maju, sudah baik, sudah cukup dibanggakan," pungkasnya. "Jangan terpengaruh hal demikian, kita memiliki slogan yang lebih powerful dari bangsa lain, Bhinneka Tunggal Ika, mari kita manifestasikan."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru